sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 04 Jun 2020 14:01 WIB

UEFA Hukum Berat Tim Pemuncak Klasemen Sementara Liga Turki

Putra Rusdi K - detikSport
MILAN, ITALY - SEPTEMBER 17: An official UEFA Champions League match ball is seen prior to the UEFA Champions League group F match between FC Internazionale and Slavia Praha at Giuseppe Meazza Stadium on September 17, 2019 in Milan, Italy.  (Photo by Emilio Andreoli/Getty Images) UEFA sanksi Trabzonspor tampil di kompetisi Eropa selama satu musim (Foto: Emilio Andreoli/Getty Images)
Nyon -

Pemuncak klasemen Liga Turki, Trabzonspor, disanksi oleh UEFA tak boleh tampil di kompetisi antarklub Eropa selama satu musim. Mereka melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

Keputusan tersebut diumumkan UEFA melalui situs resmi mereka, Rabu (3/6/2020) waktu Eropa. Trabzonspor dianggap melanggar FPP karena gagal mencapai titik impas dalam laporan keuangan klub. Itu artinya pengeluaran klub asal Trabzon ini lebih besar dari pendapatan yang mereka raih.

"Pada tanggal 5 Juli 2019, Badan Pemeriksa Keuangan Klub UEFA (CFCB) menetapkan bahwa Trabzonspor gagal untuk mencapai titik impas seperti yang disyaratkan dalam perjanjian yang ditandatangani pada 20 Mei 2016," bunyi pernyataan di situs resmi UEFA.

"Sanksi kepada klub larangan berpartisipasi dalam satu kompetisi klub UEFA yang jika lolos di musim 2020/2021 dan 2021/2021. Sanski ini akan gugur, apabila klub memenuhi syarat-syarat tertentu. Di dalamnya termasuk jika mereka bisa memenuhi target keuangan untuk laporan tahun 2019," lanjut pernyataan tersebut.

Sanksi ini jelas menjadi pukulan bagi Trabzonspor yang kini tengah memuncaki klasemen Liga Turki. Trabzonspor berhasil mengumpulkan 53 poin dari 26 laga. Mereka punya poin yang sama dengan Istanbul Basaksehir di urutan kedua dan berjarak tiga angka dari Galatasaray di posisi ketiga.

Menanggapi hukuman ini, Trabzonspor menegaskan akan mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

"Kami mengumumkan kepada publik bahwa Trabzonspor akan mengajukan banding di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) di Swiss dalam 10 hari ke depan," tulis Trabzonspor di situs resmi klub.

Sebelum Trabzonspor, FFP juga menjerat Manchester City. The Citizens dijatuhi sanksi lebih berat oleh UEFA yaitu dua musim tak boleh tampil di kompetisi Eropa.



Simak Video "Kevin De Bruyne Kirim Sinyal Tinggalkan Man City"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com