sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 09 Jun 2020 18:30 WIB

Begini Rasanya Jadi Klien Mino Raiola

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
MOSCOW, RUSSIA - JUNE 17:  Carmine Raiola looks on prior to the 2018 FIFA World Cup Russia group F match between Germany and Mexico at Luzhniki Stadium on June 17, 2018 in Moscow, Russia.  (Photo by Alexander Hassenstein/Getty Images) Sebagai agen, Mino Raiola punya beberapa klien pesepakbola top (Foto: Alexander Hassenstein/Getty Images)
Jakarta -

Sebagai agen, Mino Raiola dikenal ulung meski terkadang kontroversial. Seperti apa rasanya jadi klien Raiola?

Henrikh Mkhitaryan mengungkap relasinya dengan Raiola. Pemain yang kini tengah dipinjamkan ke AS Roma itu sudah jadi klien Raiola sejak 2013.

Raiola dikenal sebagai salah satu agen top. Sejumlah pesepakbola top seperti Paul Pogba, Erling Haaland, Matthijs de Ligt, Mario Balotelli, Gianluigi Donnarumma, sampai Zlatan Ibrahimovic merupakan kliennya.

Namun Raiola juga tak jarang memantik kontroversi. Pria 52 tahun itu dikenal vokal di media terkait kliennya. Dia tak ragu untuk bicara soal masa depan pemainnya secara terbuka, seperti saat mendiskusikan kemungkinan kepergian Pogba dari Manchester United.

Mkhitaryan mengaku bekerja bersama Raiola tak selalu mudah. Meski demikian, mantan gelandang Borussia Dortmund itu menyebut kalau Raiola selalu menginginkan yang terbaik untuk kliennya.

"Kadang sangat menarik bekerja dengannya, tapi kadang sangat sulit. Yang paling penting adalah dia melakukan yang terbaik untuk memastikan pemainnya bahagia," ujar Mkhitaryan dalam podcast 'Futbol with Grant Wahl' seperti dikutip Daily Mail.

"Kalau pemain tidak happy, dia juga tidak happy. Dia selalu ingin pemainnya bahagia, di dalam dan luar lapangan. Kalau salah satu pemainnya tidak bahagia di klub, dia akan menemukan solusi untuk membawamu pindah di mana kamu akan main atau menikmati hidup dan sepakbola."

"Ada situasi di mana dia sangat sulit dan berat bekerja dengannya. Tapi itu wajar. Dia yang terbaik dalam pekerjaannya dan saya mengapresiasinya."

MOSCOW, RUSSIA - JUNE 17:  Carmine Raiola looks on with Zlatan Ibrahimovic  prior to the 2018 FIFA World Cup Russia group F match between Germany and Mexico at Luzhniki Stadium on June 17, 2018 in Moscow, Russia.  (Photo by Alexander Hassenstein/Getty Images)Mino Raiola bersama Zlatan Ibrahimovic yang merupakan kliennya (Foto: Getty Images/Alexander Hassenstein)

"Aku benar-benar enjoy bekerja dengannya tapi sebagai pribadi dan agen dia sangat sulit. Tentu saja dia juga ada sisi buruknya," lanjut Mkhitaryan.

"Aku pernah meneleponnya beberapa kali dan dia tidak mengangkat. Dia lalu menelepon balik setelah sebulan dan dia akan tanya 'kenapa kamu tidak menelepon, kamu sudah melupakanku?'

"Aku jawab, 'Mino, aku sudah meneleponmu beberapa kali dan kamu tidak mengangkat.' Dia akan bilang, 'Ya, tapi telepon lagi untuk ketiga kalinya, keempat kalinya.' Dia selalu punya jawaban!" kata Mkhitaryan.



Simak Video "'Bahkan Maradona dan Pele Akan Hancur Bersama Man United'"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com