sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 12 Jun 2020 17:39 WIB

FIFA Izinkan Bursa Transfer Dibuka Sebelum Musim Ini Berakhir

Putra Rusdi K - detikSport
ZURICH, SWITZERLAND - OCTOBER 13: A FIFA logo next to the entrance during part I of the FIFA Council Meeting 2016 at the FIFA headquarters on October 13, 2016 in Zurich, Switzerland. (Photo by Philipp Schmidli/Getty Images) FIFA izinkan bursa transfer musim panas mendatang dibuka sebelum musim ini berakhir (Foto: Philipp Schmidli/Getty Images)
Jakarta -

FIFA mengizinkan bursa transfer dibuka sebelum musim ini berakhir. Hal itu dilakukan karena kompetisi di musim ini terganggu oleh pandemi virus Corona.

Pandemi virus Corona mengganggu segala sendi kehidupan di dunia tak terkecuali sepakbola. Jadwal kompetisi yang telah disusun harus berubah karena adanya larangan menggelar laga.

Imbas dari hal tersebut transfer pemain kini terancam bermasalah. Salah satu masalah yang paling umum dihadapi adalah pemain yang kontraknya habis Juni nanti terancam tak memiliki klub.

Merespon situasi ini, FIFA menerbitkan aturan baru untuk meminimalisir kisruh mengenai kontrak dan transfer pemain. Mereka memperbolehkan bursa transfer musim panas dibuka sebelum kompetisi musim ini berakhir. FIFA juga mengizinkan pemain berseragam tiga klub berbeda dalam satu musim. Sebelumnya, pemain hanya diperbolehkan membela maksimal dua tim dalam satu musim.

"Untuk menghindari kekhawatiran tentang pemain yang tidak memiliki klub, pemain diizinkan untuk terdaftar di maksimum tiga klub dan memenuhi syarat untuk bermain dalam pertandingan resmi untuk tiga klub dalam musim yang sama.

"Untuk memberikan prioritas kepada klub agar menyelesaikan musim (2019/20) dengan skuad saat ini. Kami memberikan fleksibilitas kepada asosiasi untuk merencanakan kalender sepakbola mereka sebaik mungkin," bunyi pernyataan FIFA.

"Asosiasi-asosiasi yang menggunakan dua periode kalender diizinkan untuk mendaftarkan pemain di periode pertama untuk musim 2020/2021 sebelum musim 2019/2020 selesai. Semuanya tergantung dalam beberapa kondisi."

Beberapa kompetisi di Eropa sebelumnya juga telah mengeluarkan himbauan dan aturan terkait transfer pemain menyesuaikan dampak dari pandemi. Chief Eksekutif Liga Inggris, Richard Masters mengatakan bahwa klub kasta tertinggi Liga Inggris tak bola mendatangkan pemain baru sebelum 25 Juli.

Sementara di Liga Italia, Federasi Sepakbola Italia (FIGC) memundurkan bursa transfer musim panas mendatang. Jendela transfer baru akan dibuka 1 September dan berakhir 5 Oktober.



Simak Video "Masih Jeblok, Skuad Garuda Peringkat ke-173 Versi FIFA"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com