sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 09 Jul 2020 21:40 WIB

On This Day: Zidane Tanduk Materazzi, Italia Juara Dunia

Lucas Aditya - detikSport
(FILES) In this file photo taken 09 July 2006 shows French midfielder Zinedine Zidane (L) gesturing after head-butting Italian defender Marco Materazzi during the World Cup 2006 final football match between Italy and France at Berlin’s Olympic Stadium.   / AFP PHOTO / JOHN MACDOUGALL Momen Zinedine Zidane menanduk Marco Materazzi. (Foto: AFP/John Macdougall)
Jakarta -

Timnas Italia memastikan gelar juara di Piala Dunia pada hari ini 14 tahun lalu. Di laga itu, ada momen Zinedine Zidane menanduk Marco Materazzi.

Final Italia vs Prancis itu digelar di Olympiastadion, Berlin. Pertandingan harus digelar hingga babak adu penalti karena skornya sama kuat 1-1 hingga babak tambahan.

Les Bleus unggul lebih dulu berkat gol dari Zinedine Zidane lewat titik putih pada menit ketujuh. Italia menyamakan kedudukan via Marco Materazzi dalam rentang 12 menit kemudian.

Provokasi yang dilakukan oleh Materazzi menjadi salah satu titik balik Italia vs Prancis saat itu. Usai Prancis melakukan serangan, Materazzi terlibat adu mulut dengan Zidane.

Zidane sempat menjauh dari Materazzi, lalu berbalik arah lantas menanduk pemain belakang Italia nomor punggung 23 itu.

Wasit pemimpin pertandingan, Horacio Elizondo, tak ragu lagi langsung mencabut kartu merah untuk pemain Prancis nomor punggung 10 itu.

Dalam adu kiper, Italia menang atas Prancis. Semua penendang Italia sukses menceploskan bola ke dalam gawang. Sementara satu eksekutor Prancis, David Trezeguet, gagal menjaringkan bola. Italia menang 5-3 di saat tos-tosan.

Italia pun mampu meraih gelar juara dunia keempat di tengah skandal pengaturan skor yang melanda Liga Italia.

Pada prosesnya, Zidane mengakui bahwa tindakannya di laga itu memang salah.

"Saya tidak bangga sama sekali soal itu," ujar Zidane kepada Telefoot beberapa waktu lalu.

"Saya tidak suka dengan aksi itu, kepada semua pemain muda, seluruh pelatih, orang-orang yang secara sukarela membuat sepakbola berbeda seperti sekarang, tapi itu adalah bagian hidup saya,karier saya. Memang tidak menyenangkan, tapi kami harus menerimanya," kata Zidane.



Simak Video "Pogba Positif Covid-19, 'Nge-Dab' Pembasmi Virus Gagal?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com