sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 16 Jul 2020 00:05 WIB

Lima Pergantian Pemain Berlaku Sampai 2020/2021

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
LONDON, ENGLAND - AUGUST 21:  The fourth official displays the electronic substitution board during the Premier League match between West Ham United and AFC Bournemouth at London Stadium on August 21, 2016 in London, England.  (Photo by Mike Hewitt/Getty Images) IFAB setuju aturan pergantian lima pemain diterapkan sampai musim depan. (Foto: Mike Hewitt/Getty Images)
Jakarta -

Aturan lima pergantian pemain bakal boleh diterapkan sampai musim 2020/2021 mendatang. Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) telah menyetujui.

Aturan lima pergantian pemain sedianya diterapkan sementara untuk mengantisipasi beban berat para pemain selepas lockdown. Setelah jeda tiga bulan pada Maret-Juni, para pesepakbola harus menuntaskan kompetisi domestik dan internasional pada akhir Juli hingga Agustus.

Alhasil jadwal pertandingannya pun padat, sementara para pemain sudah menurun kondisinya karena sempat tiga bulan absen. Nah, kini menimbang berbagai faktor, IFAB selaku badan pembuat aturan sepakbola, setuju aturan pergantian lima pemain bisa diterapkan hingga musim depan.

Namun nantinya masing-masing kompetisi bebas menentukan mau mengambil opsi itu atau tidak. Perpanjangan aturan ini diharapkan bisa membantu para pemain menyusul kalender kompetisi yang molor dan kacau akibat pandemi.

"Menyusul keputusan yang diambil pada 8 Mei 2020 untuk memberikan kompetisi yang dijadwalkan selesai di 2020 opsi untuk mengizinkan tim-tim memakai lima pergantian pemain, Direksi IFAB telah sepakat untuk meninjau apakah akan memperpanjang opsi ini lebih jauh," ungkap pernyataan resmi IFAB, seperti dikutip Sky Sports.

"Dalam basis dari peninjauan mendalam ini berdasarkan timbal-balik dari para pemangku kepentingan dan analisis dampak COVID-19 pada kalender kompetisi, Direksi IFAB telah setuju memperpanjang opsi tersebut ke kompetisi-kompetisi yang dijadwalkan akan selesai pada 31 Juli dan kompetisi internasional yang dijadwalkan pada Juli/Agustus 2021."



Simak Video "IFAB Setujui Aturan 5 Pergantian Pemain dalam Pertandingan"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com