sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 22 Agu 2020 20:25 WIB

3 Klub Opsi Lionel Messi jika Tinggalkan Barcelona

Kris Fathoni W - detikSport
LISBON, PORTUGAL - AUGUST 14: Lionel Messi of FC Barcelona looks dejected during the UEFA Champions League Quarter Final match between Barcelona and Bayern Munich at Estadio do Sport Lisboa e Benfica on August 14, 2020 in Lisbon, Portugal. (Photo by Manu Fernandez/Pool via Getty Images) 3 Klub Opsi Lionel Messi jika Tinggalkan Barcelona. (Foto: Getty Images/Pool)
Jakarta -

Masa depan Lionel Messi di Barcelona lagi penuh spekulasi. Jika benar-benar pergi, sejauh ini ada tiga klub yang tampaknya bisa jadi opsi berlabuhnya Messi.

Dalam beberapa waktu terakhir rumor perihal kelanjutan karier Messi di Camp Nou terus berhembus. Bahkan pemecatan Quique Setien sebagai pelatih, yang kemudian digantikan Ronald Koeman, tidak menyurutkan gosip.

Masih merujuk pada rumor yang berseliweran, Lionel Messi kabarnya tidak bisa memastikan ke Ronald Koeman bahwa masa depannya ada di Barcelona. Bahkan megabintang asal Argentina itu disebut-sebut tak menutup kemungkinan pindah.

Fakta bahwa Messi belum juga teken kontrak baru bersama Barcelona pada saat sisa durasi kontraknya saat ini tinggal tersisa setahun lagi, sampai Juni 2021, layak menambah ramai spekulasi.

Pesepakbola 33 tahun itu sendiri konon memiliki klausul pelepasan sebesar 700 juta euro. Tapi jumlah ini bisa jadi lebih murah jika memang Barca punya keinginan untuk menjualnya.

Namun, dengan kondisi finansial dunia yang terimbas pandemi virus Corona, cuma segelintir klub peminat yang secara realistis bisa meminang Lionel Messi. Belum lagi soal gajinya yang konon mencapai hitungan Rp 9,6 miliar (500 ribu paun) per pekan.

Sehubungan dengan itu, Marca menyebut cuma ada tiga opsi realistis buat Messi jika memang akan meninggalkan Barcelona musim panas ini:

1. Inter Milan

Di masa lalu, Inter pernah punya hasrat menggaet Messi. Dengan situasi terkini, boleh jadi hasrat yang pernah terpendam itu akan muncul lagi.

Merujuk pada laporan La Gazzetta dello Sport, Nerazzurri disebut-sebut memiliki dana sebesar 260 juta euro yang siap digelontorkan dalam usaha menggaet Lionel Messi.

Konon, Inter Milan kian berambisi menggaet Messi demi menandingi Juventus yang kini punya Cristiano Ronaldo. Jika La Beneamata sukses dalam manuvernya, Messi dan Ronaldo bakal memanaskan Derby d'Italia seperti dulu di El Clasico Spanyol.

2. Manchester City

City identik dengan Pep Guardiola dan si peracik taktik adalah sosok yang pernah punya banyak kisah manis bertabur gelar juara bersama Messi semasa di Barcelona.

Dengan Guardiola masih belum bisa juara lagi di Liga Champions, Lionel Messi bisa jadi solusi jika memang ada kemungkinan untuk menggaetnya dari Barcelona.

Manchester City juga sangat mapan secara finansial sehingga takkan kesulitan untuk menggelontorkan uang demi seorang Messi, lagi-lagi jika memang ada peluang untuk mendatangkannya.

3. Paris Saint-Germain

PSG adalah klub ambisius nan kaya-raya. Hal itu sudah mereka buktikan dengan tindakan merogoh kocek dalam-dalam saat menggaet Neymar dan Kylian Mbappe.

Di atas kertas, PSG pun takkan kesulitan untuk menebus Lionel Messi dari Barcelona. Apalagi La Pulga konon ingin sekali kembali main bareng Neymar.

Rumornya adalah, kegagalan Barcelona membawa kembali Neymar ke Camp Nou pada musim panas lalu adalah salah satu hal yang sudah bikin Lionel Messi frustrasi pada musim ini.

(krs/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com