sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 29 Agu 2020 13:00 WIB

Selebrasi 'Wakanda Forever' Black Panther: Dari Aubameyang Hingga Pogba

Mohammad Resha Pratama - detikSport
LONDON, ENGLAND - MARCH 14:  Pierre-Emerick Aubameyang of Arsenal dons a Black Panther mask as he celebrates after scoring his teams third goal with Sead Kolasinac of Arsenal during the UEFA Europa League Round of 16 Second Leg match between Arsenal and Stade Rennais at Emirates Stadium on March 14, 2019 in London, England. (Photo by Alex Morton/Getty Images) Pierre-Emerick Aubameyang menirukan gimmick Black Panther (Getty Images/Alex Morton)
London -

Dunia film tengah berduka usai ditinggal bintang Black Panther Chadwick Boseman. Sepakbola tak lepas dari efek tokoh khayalan Marvel tersebut.

Kabar meninggalnya Chadwick diunggah oleh manajemen di Instagram resmi aktor berusia 42 tahun itu. Chadwick meninggal setelah berjuang menghadapi kanker usus selama empat tahun terakhir.

Duka mendalam pun dirasakan seluruh pecinta Marvel, terutama pengagum sosok King T'Challa dalam flim Black Panther itu. Bukan tanpa alasan mengingat dia adalah aktor kulit hitam pertama yang jadi pemeran utama di jagad sinema Marvel.

Film Black Panther yang dibintanginya kala itu meledak karena dianggap simbol perjuangan kaum kulit hitam di dunia. Tak terkecuali pula sepakbola yang ikut kena demam Black Panther.

Anda tentu tahu kan jargon 'Wakanda Forever' yang begitu mendunia saat Black Panther ditayangkan? Itu saat Chadwick menyilangkan kedua di tangan di depan sambil meneriakkan yel tersebut.

Ya, sejumlah pesepakbola pun ikut-ikutan menirukan selebrasi tersebut saat sedang berada di lapangan hijau. Sebut saja penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, yang pernah merayakan gol menggunakan topeng Black Panther dan menyilangkan kedua tangan pertanda 'Wakanda Forever'.



Itu dilakukan Aubameyang saat Arsenal mengalahkan Rennes di leg kedua 16 besar Liga Europa musim lalu. Bahkan akun twitter Arsenal berbahasa Spanyol turut menyampaikan belasungkawa dengan mengunggah foto Aubameyang itu,

Selain itu ada juga dua pemain MU, Paul Pogba dan Jesse Lingard, yang merayakan gol dengan gaya itu. Lingard melakukan itu usai menjebol gawang Chelsea pada 25 Februari 2018. Tak cuma di sepakbola, beberapa bintang NBA juga kerap melakukan hal serupa.



Ada LeBron James yang melakukannya bersama Clevelad Cavaliers pada 2018 dan juga bintang Indiana Pacers Victor Oladipo di ajang NBA All Star. Saat kontes dunk, Oladipo memakai topeng Black Panther yang diberikan langsung oleh Chadwick.

Selamat jalan, Chadwick!

(mrp/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com