Lionel Messi dan Para Anggota 'One Man One Club'

ADVERTISEMENT

Infografis

Lionel Messi dan Para Anggota 'One Man One Club'

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 29 Agu 2020 16:30 WIB
SEVILLE, SPAIN - FEBRUARY 23: Lionel Messi of FC Barcelona celebrates with his teammates Sergio Busquets of FC Barcelona after scoring his teams third goal during the La Liga match between Sevilla FC and FC Barcelona at Estadio Ramon Sanchez Pizjuan on February 23, 2019 in Seville, Spain. (Photo by Aitor Alcalde/Getty Images)
Lionel Messi dan Sergio Busquets cuma bermain di satu klub sepanjang karier (Getty Images/Aitor Alcalde)
Jakarta -

Lionel Messi di ambang kepergian dari Barcelona musim panas ini. Jika akhirnya Messi pergi, maka sulit mencari kesetiaan di sepakbola modern saat ini.

Messi masa depannya tengah dispekulasikan menyusul keinginannya untuk meninggalkan Barcelona. Messi merasa Barcelona tidak lagi nyaman untuk ditinggali karena konflik internal dan prestasi buruk tim musim lalu.

Barcelona mengalami dua kali pergantian pelatih dan menuntaskan musim tanpa satu pun trofi, terburuk sejak 2008. Bahkan pada laga terakhir musim lalu, Barcelona dibantai 2-8 oleh Bayern.

Kondisi ini membuat Messi muak dan akhirnya meminta diputus kontraknya yang tersisa setahun. Messi punya hak melakukan itu dalam klausul kontraknya, tapi Barcelona bersikeras untuk mempertahankannya.

Kini tarik-ulur masa depan Messi akan menghiasi media-media Eropa setidaknya sampai bursa transfer musim panas berakhir 5 Oktober. Sungguh menyedihkan ketika legenda seperti Messi malah bersitegang dengan klub yang membesarkan namanya.

Padahal lebih dari separuh hidup Messi dihabiskan bersama Barcelona, sedari kecil hingga debut pada 2004 dan kini menjadi pemain besar. Predikat One Man One Club tentu akan makin menyempurnakan kariernya.

Tapi, kalau memang Lionel Messi akhirnya harus pergi, maka semakin sedikit pemain top yang menghabiskan kariernya di satu klub pada era modern sekarang. Padahal dulu banyak nama-nama hebat seperti Paolo Maldini, Ryan Giggs, dan Francesco Totti begitu setia dengan satu klub.

Saat ini memang tidak banyak pemain top di Eropa atau bahkan di Indonesia sendiri yang bermain begitu lama, lebih dari sedekade. Berikut kami sajikan dalam bentuk infografis, pemain yang minimal 10 tahun berkarier di klub yang sama dan berstatus lulusan akademi.

Lionel Messi dan One Man One ClubLionel Messi dan One Man One Club Foto: Infografis detikSport


(mrp/rin)