sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 03 Sep 2020 11:00 WIB

Studi Terbaru Ungkap Nilai Pasar Lionel Messi Cuma Segini

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
FILE - In this Nov. 5, 2019 file photo, Barcelonas Lionel Messi reacts during a Champions League Group F soccer match against Slavia Praha at Camp Nou stadium in Barcelona, Spain. Lionel Messi has told Barcelona he wants to leave the club after nearly two decades with the Spanish giants. The club has confirmed that the Argentina great has sent a note expressing his desire to leave. The announcement comes 11 days after Barcelonas humiliating 8-2 loss to Bayern Munich in the Champions League quarterfinals, one of the worst in the players career and in the clubs history. (AP Photo/Joan Monfort, File) Lionel Messi terikat klausul pelepasan senilai 700 juta euro dengan Barcelona. (Foto: AP/Joan Monfort)
Jakarta -

Studi teranyar mengungkap nilai pasar Lionel Messi saat ini. Angkanya jauh di bawah nilai klausul rilis yang ditetapkan Barcelona untuk Messi.

Seperti diketahui, Messi sedang mengupayakan keluar dari Barcelona. Pemain 33 tahun itu pekan lalu sudah mengirimkan dokumen pernyataan ingin hengkang, namun kini tertahan masalah legal.

Ia meyakini bisa memutus kontrak karena punya klausul khusus, yang diklaim Barcelona sudah tak berlaku per 10 Juni. Barcelona menegaskan jika Messi ingin pergi, maka klausul pelepasan senilai 700 juta euro harus ditebus.

Menariknya, sejumlah media Spanyol melaporkan kalau klausul itu juga sudah tak berlaku karena Messi menjalani tahun terakhir dalam kontraknya. Kedua pihak sudah bertemu, dengan Messi diwakili ayahnya, Jorge Messi, dan Barcelona diwakili Presiden Josep Maria Bartomeu, namun belum membuahkan hasil.

Menyoal nilai klausul rilis Lionel Messi sebesar 700 juta euro yang diklaim Barcelona, studi teranyar dari KPMG Football Benchmark menunjukkan angka yang sangat berbeda. Mereka menaksir nilai pasar Messi di angka 124 juta euro.

Messi cuma ada di urutan tujuh di daftar 10 pemain dengan nilai pasar tertinggi saat ini. Dua posisi teratas dikuasai pemain Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe dan Neymar.

Nilai Messi bahkan di bawah Raheem Sterling, Jadon Sancho, Mohamed Salah, dan Sadio Mane. Penilaian ini dilakukan dengan meneliti 10 liga top Eropa menggunakan data performa dari Opta.

Messi turun tiga peringkat secara khusus karena kontraknya dengan Barcelona tersisa setahun saja. Pandemi menjadi faktor terbesar penurunan nilai pemain secara keseluruhan sejak Februari lalu, meski ada kenaikan tipis dari Mei ke Agustus.

Nilai pasar para pemain di 10 liga top Eropa turun sebanyak 17,6% dari periode sebelum pandemi, tepatnya di bulan Februari, ke bulan Mei. Sedari Mei ke Agustus, nilainya meningkat sebanyak 3,8% karena kompetisi dilanjutkan.

Di bawah Messi adalah tiga pemain dari Liga Inggris, yakni Harry Kane, Kevin de Bruyne, dan Trent Alexander-Arnold. Pemain klub-klub Inggris mendominasi 10 besar dengan menempatkan enam wakil.

10 Besar Pesepakbola dengan Nilai Pasar Tertinggi

Nilai pasar pesepakbola di 10 liga top Eropa10 besar pesepakbola dengan nilai pasar tertinggi Foto: KPMG Football Benchmark


Simak Video "Messi Mending ke Paris, Bukan Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com