sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 05 Sep 2020 14:30 WIB

Sudah Latih Barcelona, Koeman Masih Tengok-tengok Timnas Belanda

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Netherlands Steven Bergwijn, right, is congratulated by teammates after scoring his teams first goal during the UEFA Nations League soccer match between the Netherlands and Poland in the Johan Cruyff ArenA in Amsterdam, Netherlands, Friday, Sept. 4, 2020. (AP Photo/Peter Dejong) Ronald Koeman puas dengan kemenangan Belanda atas Polandia (AP/Peter Dejong)
Amsterdam -

Ronald Koeman tak lupa melihat aksi Timnas Belanda, meski sudah melatih Barcelona. Kemenangan atas Polandia bikin Koeman puas.

Koeman sudah meletakkan jabatannya sebagai pelatih Timnas Belanda sekitar tiga pekan lalu, menyusul dirinya dikontrak oleh Barcelona. Padahal Belanda sedang menanjak bersama Koeman saat ini.

Dia berhasil membawa De Oranje melaju ke final UEFA Nations League 2019 sebelum takluk dari Portugal. Sayangnya, ada klausul dalam kontrak Koeman yang memperbolehkan dia pergi andai Barcelona mendekatinya.

Kepergian Koeman membuat Belanda dalam kondisi tidak ideal menyambut UEFA Nations League 2020. Alhasil, Belanda pun ditangani caretaker Dwight Lodeweges, yang sebelumnya menjabat asisten Koeman.

Laga kontra Polandia di Grup 1 Liga A UEFA Nations League, Sabtu (5/9/2020) dini hari WIB, jadi debut Lodegewes. Pada laga yang dihelat di Johan Cruijff ArenA itu, Belanda menang 1-0 berkat gol Steven Bergwijn di menit ke-61.

Tiga poin itu sudah cukup mengantarkan Belanda memuncaki klasemen dengan tiga poin. Dari sisi penampilan, Belanda tampil agresif dengan 14 attempts, empat di antaranya on goal dan menguasai 64 persen ball possesion.

Performa Belanda itu disebut Lodegewes sudah bikin Ronald Koeman puas, terutama di babak kedua. Rupanya Koeman masih memperhatikan performa Belanda meski dia kini sibuk mempersiapkan Barcelona menghadapi musim baru.

"Ronald memberi ucapan selamat usai pertandingan dan dia terkesan dengan penampilan bagus kami di babak kedua. Saya sepakat dengan itu," ujar Lodegewes kepada NOS.

"Babak pertama kami tidak bermain bagus. Kami kurang gesit dalam membangun permainan. Sulit memang membongkar pertahanan tim dengan formasi 4-5-1. Kami tidak bisa mencapai pertahanan mereka. Tapi, kami bisa lebih baik di babak kedua," sambungnya.

"Tentu saja saya berharap kami bisa menang 3-0 atau 4-0 malam ini, tapi Anda harus bisa mencetak gol cepat. Saya rasa kami bisa puas dengan kemenangan 1-0 ini, setelah tidak bermain bareng selama 9 bulan."



Simak Video "5 Gol Keren Ronald Koeman kala Berseragam Barcelona"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com