sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 08 Sep 2020 03:45 WIB

UEFA Nations League: Italia Bungkam Belanda 1-0

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
AMSTERDAM, NETHERLANDS - SEPTEMBER 07:  Nicolo Barella of Italy celebrates after scoring the opening goal during the UEFA Nations League group stage match between Netherlands and Italy at Johan Cruijff Arena on September 7, 2020 in Amsterdam, Netherlands.  (Photo by Claudio Villa/Getty Images) Italia menang tipis 1-0 atas Belanda. (Foto: Getty Images/Claudio Villa)
Jakarta -

Italia pulang dengan angka penuh dari lawatan ke Belanda di lanjutan UEFA Nations League. Gol Nicolo Barella memenangkan Gli Azzurri 1-0.

Italia bertandang ke markas Belanda di Johann Cruyff Arena, Selasa (8/9/2020) dini hari WIB, dalam lanjutan pertandingan Grup 1 Liga A UEFA Nations League. Tim besutan Roberto Mancini itu memulai dengan percaya diri dan mengendalikan pertandingan.

Setelah sejumlah kesempatan terbuang, Italia berhasil mencetak gol di menit pertama injury time babak pertama. Umpan silang Ciro Immobile disambar sundulan Barella.

Italia sempat mempertahankan kontrol di awal babak kedua, tapi kemudian Belanda merespons dan mengambil alih permainan. Meski demikian, tak ada gol yang berhasil diciptakan Memphis Depay dkk.

Dengan kemenangan ini, Italia memimpin Grup 1 berbekal empat poin dari dua pertandingan. Belanda ada di posisi dua, mengumpulkan dua poin yang sama dengan Polandia. Bosnia and Herzegovina di urutan terbawah karena baru mengumpulkan satu poin.

Jalannya Pertandingan

Italia menebar ancaman serius di menit ke-12 melalui aksi Nicolo Barella. Sepakannya membentur Joel Veltman dan meluncur sedikit di atas mistar gawang Belanda.

Peluang bagus kembali didapatkan Italia lima menit berselang, ketika Leonardo Spinazzola merangsek dan melewati sejumlah pemain. Ia lantas mengirimkan umpan silang yang disambar Nicolo Zaniolo dengan tendangan gunting, tapi bola masih melambung.

Italia terus memegang kendali permainan. Sepakan mendatar Immobile menyambut umpan Lorenzo Insigne masih tipis saja ke samping kanan gawang.

Percobaan pertama Belanda tercipta di menit ke-32, kala tembakan Georginio Wijnaldum mengarah ke gawang. Percobaannya masih mudah dihentikan oleh Gianluigi Donnarumma.

Dua menit kemudian Italia merespons melalui aksi Insigne. Tusukannya dari kiri diakhiri sepakan melengkung yang hanya melesat tipis saja ke kanan gawang.

Kerja sama apik Italia pada prosesnya membuahkan gol di masa injury time babak pertama. Di sisi kiri, Insigne menyodorkan bola ke Immobile, yang meneruskannya dengan umpan silang.

Barella menyambar umpan itu dengan sundulan, membawa Italia menutup paruh pertama unggul 1-0 atas Belanda.

Italia melanjutkan tekanan di babak kedua dan sudah menebar ancaman berbahaya ke Belanda pada menit ke-53. Umpan cerdik Barella diterima Insigne dan coba diselesaikan dengan tembakan ke arah gawang. Kali ini kiper Belanda Jasper Cillessen sigap menepis bola.

Belanda balas mengancam dua menit kemudian. Umpan terobosan Memphis Depay diteruskan Wijnaldum ke Donny van de Beek. Tembakan gelandang baru Manchester United itu dihalau oleh Gianluigi Donnarumma.

Tembakan Memphis Depay dari luar kotak penalti di menit ke-61 masih jauh dari sasaran. Sedangkan peluang Italia dari Moise Kean enam menit kemudian berakhir melebar ke kanan gawang.

Belanda mulai lebih banyak menguasai bola dan mencoba mengejar ketertinggalan. Tapi sejumlah skema serangan gagal diselesaikan dengan sempurna.

Belanda mendapatkan kesempatan dari tendangan bebas di menit ke-84. Depay mengirimkan umpan lambung dan disambar oleh Luuk de Jong. Belum cukup untuk membahayakan gawang Italia.

Belanda mendapatkan kans bagus di menit ke-91. Umpan silang Martin de Roon dari kanan mengarah ke Depay yang tak terkawal di tiang jauh.

Depay coba menyambut bola dengan tendangan salto, namun malah gagal mengarah ke gawang. Tendangannya memantul ke tanah dan meluncur ke atas gawang.

Gantian Italia yang nyaris bikin gol tak lama kemudian. Moise Kean merebut bola di depan kotak penalti Belanda dan dalam posisi bebas menghadapi kiper. Ia sudah melewati Cillessen, hanya saja sepakannya justru melebar.

Hingga pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta.

Susunan pemain:

Belanda: Cillessen; Hateboer (Dumfries 70), Veltman, van Dijk, Ake (L De Jong 82); De Roon, van de Beek (Bergwijn 57), F De Jong; Wijnaldum, Depay, Promes

Italia: G Donnarumma; D'Ambrosio, Bonucci, Chiellini, Spinazzola; Barella, Jorginho, Locatelli (Cristante 82); Zaniolo (Kean 42), Immobile, Insigne (Chiesa 90)



Simak Video "Italia Vs Belanda: Gli Azzurri Menang 1-0"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com