sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 30 Sep 2020 00:10 WIB

Bisa Main Sampai Usia 40 Tahun, Ronaldo?

Randy Prasatya - detikSport
Portugals Cristiano Ronaldo sticks out his tongue during the Portugal against Sweden UEFA Nations League Group stage soccer match at Friends Arena in Stockholm, Sweden, Tuesday Sept. 8, 2020. (Janerik Henriksson/TT via AP) Cristiano Ronaldo makin sip di usia 35 tahun. (Foto: AP/Janerik Henriksson)
Jakarta -

Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos, percaya Cristiano Ronaldo bisa main sampai usia 40 tahun. Namun, apakah Ronaldo yakin hal itu bisa terjadi?

Ronaldo sudah mencetak 101 gol bersama Timnas Portugal dalam 165 laga. Ronaldo menjadi pesepakbola Eropa pertama yang menembus 100 gol internasional. Ronaldo sejauh ini memiliki persentase 0,61 gol per pertandingan di timnas.

Dari jumlah gol total, Cristiano Ronaldo cuma kalah dari pemain Iran, Ali Daei. Saat ini Daei, yang sudah lama gantung sepatu, tercatat sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak di pentas internasional.

Ada 109 gol yang dicetak Ali Daei dalam 149 penampilannya bersama timnas Iran pada periode 1993-2006. Daei memiliki persentase 0,73 gol per pertandingan. Cristiano Ronaldo tinggal membutuhkan tambahan delapan gol lagi untuk bisa menyamai rekor gol Ali Daei tersebut.

Cristiano Ronaldo mungkin saja bisa melakukan itu. Santos sangat yakin kapten Timnas Portugal, yang kini berusia 35 tahun itu, bisa main selama lima tahun lagi.

"Cristiano Ronaldo siap bermain sampai dia berusia 40 tahun, tapi dia tidak tahu apakah itu akan terjadi," kata Santos kepada TVI24.

Santos meyakini Ronaldo bakal gantung sepatu dengan sendirinya andai merasa kondisi kebugaran sudah mengganggu. Jadi, urusan kapan Ronaldo bakal pensiun semua tergantung dari mantan pemain Real Madrid tersebut.

"Pada titik tertentu dia mungkin merasa bahwa dia tidak lagi memiliki kondisi yang sama," sambungnya.

Ronaldo masih sangat tajam di awal Liga Italia 2020/2021. Dari dua laga yang dilalui bersama Juventus, Ronaldo sudah menyumbang tiga gol.



Simak Video "Ronaldo Positif Corona, Sang Kakak Anggap Penipuan"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com