sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 21 Okt 2020 19:00 WIB

Piala Eropa U-19 Batal, Bagaimana nasib Piala Dunia U-20 2021?

Muhammad Robbani - detikSport
WOLVERHAMPTON, ENGLAND - NOVEMBER 07: The UEFA Respect logo on a barrier prior to the UEFA Europa League group K match between Wolverhampton Wanderers and Slovan Bratislava at Molineux on November 07, 2019 in Wolverhampton, United Kingdom. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images) Piala Eropa U-19 2020 dibatalkan, bagaimana nasib Piala Dunia U-20 2020 di Indonesia? (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)
Jakarta -

UEFA memutuskan menghapus Piala Eropa U-19 2020 di Irlandia Utara. Padahal, ajang ini akan menjadi kualifikasi Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Piala Eropa U-19 seharusnya sudah selesai digelar pada 19 Juli hingga 1 Agustus lalu. Hal itu tak terealisasi karena babak kualifikasinya pun belum selesai akibat terhambat pandemi COVID-19.

Untuk menggelar Piala Eropa U-19 perjalanannya terhitung masih panjang. Sebelum UEFA memutuskan menghapus Piala Eropa U-19, babak kualifikasinya pun belum menjalankan babak Elite Round.

Elite Round adalah babak lanjutan dari fase grup di Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan 28 tim lolos ke babak ini. Rinciannya; 13 tim juara grup, 13 runner-up grup, Finlandia (tim peringkat ketiga terbaik), serta Portugal (otomatis lolos ke Elite round).

Makedonia Utara dan Bulgaria, yang menjadi lawan Timnas Indonesia U-19 dalam laga uji coba di Kroasia, merupakan peserta yang melaju ke babak Elite round. Makedonia Utara dan Bulgaria tergabung di Grup 2 Elite round bersama Spanyol dan Belgia.

Rencana awalnya, babak Elite round ini digelar dengan format single round-robin atau setiap tim cuma saling berhadapan satu kali di babak grup. Mereka yang menjadi juara grup akan lolos ke babak utama Piala Eropa U-19.

UEFA sebenarnya sudah punya rencana tetap melanjutkan Piala Eropa 2020 meski babak kualifikasinya tak kunjung selesai. Mereka sempat berkali-kali merevisi jadwal setelah kegagalan menggelar turnamen ini pada Juli-Agustus.

Federasi Sepakbola Eropa itu sempat memindahkan jadwal turnamen ke 7-14 Oktober untuk babak fase grup dan 11-14 November untuk babak penyisihan. Kemudian mereka juga sempat mewacanakan menggeser turnamen ke Bulan Maret 2021.

Lantaran babak kualifikasi tak kunjung selesai, UEFA akhirnya menyerah. Dalam pengumuman resminya pada, Selasa (20/10/2020), mereka memutuskan meniadakan Piala Eropa U-19 2020.

Untungnya Piala Dunia U-20 tidak terdampak dari ditiadakannya Piala Eropa U-20 ini. UEFA sudah memutuskan untuk memberikan tiket otomatis Piala Dunia U-20 buat lima tim yang akan menjadi perwakilan Eropa.

Mereka adalah Inggris, Prancis, Italia, Belanda, dan Portugal. Kelima tim itu dipilih berdasarkan peringkat koefisien tertinggi musim 2019/20.

Meski begitu, batalnya Piala Eropa U-19 2020 ini menjadi sinyalemen bahaya bagi Indonesia yang akan menyelenggarakan Piala Dunia U-20. Ini menjadi bukti bahwa menyelenggarakan event internasional di tengah situasi saat ini bukan urusan mudah.

Apalagi, ini bukan kejuaran kelompok usia pertama yang dibatalkan karena pandemi COVID-19. Indonesia sendiri juga sudah mengalami kegagalan tampil di Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19 2020 karena AFC menundanya ke tahun 2021.

Memang banyak liga domestik atau uji coba internasional level senior di berbagai belahan dunia yang sudah berjalan. Namun, jika melihat trennya, kejuaraan kelompok usia mungkin tak terlalu menjadi prioritas di tengah tingginya ancaman virus corona.

(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com