sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 26 Okt 2020 22:11 WIB

Ajax Pesta Gol, Robert Alberts Lihat Tanda Tak Bagus di Liga Belanda

Yudha Maulana - detikSport
Robert Rene Alberts Robert Rene Alberts menilai kemenangan besar Ajax pertanda buruk untuk Liga Belanda. (Foto: dok Persib Bandung)
Jakarta -

Ajax berpesta gol di Liga Belanda akhir pekan lalu. Pelatih asal negeri kincir angin, Robert Rene Alberts, melihat pertanda buruk di Eredivisie.

Ajax tampil menggila saat pada pekan keenam Eredivisie musim 2020/2021. De Godenzonen membantai VVV 13-0 di Covebo Stadion De Koel, Sabtu (24/10/2020) malamTorehan gol itu bahkan mencetak sejarah tersendiri bagi klub yang sudah berdiri lebih dari seabad itu.

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts yang merupakan penggemar Ajax, tentu senang melihat tim kebangaannya menang banyak, tapi di sisi lain ia melihat sesuatu yang tak menyenangkan di balik kemenangan tim masa kecilnya itu.

"Iya Ajax memang 13-0, saya rasa itu bukan tanda yang bagus dari standar liga di Belanda untuk saat ini. Kalian tidak akan melihat ada kemenangan di liga dengan skor 13-0 jika melawan tim yang selevel," ujar Robert dalam konferensi virtual, Senin (26/10/2020).

Robert mengatakan, hasil akhir pertandingan dengan skor luar biasa mungkin terjadi bila menghadapi tim dari kasta yang lebih rendah. Tetapi untuk ukuran liga atau antara tim selevel, itu menunjukkan penanda yang tak baik.

Seperti halnya ketika Persib mencetak lebih dari 20 gol tanpa balas saat melawan tim dari Liga 3 pada beberapa pekan lalu di Bandung.

"Mungkin saja terjadi jika itu adalah pertandingan di turnamen domestik dan menghadapi klub dari kasta lebih rendah. Tapi jika di liga, seharusnya tidak terjadi kemenangan dengan skor 13-0. Itu menjadi penanda bahwa Liga Belanda untuk saat ini tidak begitu kuat," kata Robert.

Soal rekor di Eredivisie, kemenangan ini membuat Ajax menjadi tim pertama yang mencetak 13 gol di satu pertandingan Liga Belanda. Mereka memecahkan rekor sendiri pada Mei 1972 kala menang 12-1 atas Vitesse.

Sementara itu, Lassina Traore menjadi pemain Ajax pertama yang mencetak lima gol dalam sebuah pertandingan liga setelah Marco van Basten pada 1985. Ia juga jadi pemain pertama yang membukukan tiga assist di satu laga sejak Frenkie de Jong pada 2017.

(yum/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com