sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 12 Nov 2020 12:55 WIB

Kapten Timnas Ini Diduga Positif Corona di Tengah Laga Sepakbola!

Yanu Arifin - detikSport
Croatias defender Domagoj Vida controls the ball during the friendly football match between Switzerland and Croatia at the Kybunpark Stadium in St. Gallen on October 7, 2020. (Photo by Fabrice COFFRINI / AFP) Kapten Timnas Kroasia, Domagoj Vida, dinyatakan berpotensi tertular virus corona saat sudah bermain setengah babak melawan Turki. (Foto: FABRICE COFFRINI/AFP)
Istanbul -

Ada momen bikin was-was di laga Kroasia vs Turki. Domagoj Vida, kapten Kroasia, dinyatakan berpotensi tertular virus corona saat sudah bermain selama 45 menit.

Timnas Kroasia menghadapi Timnas Turki dalam laga persahabatan di Vodafone Park, Istanbul, Kamis (12/11/2020) dini hari WIB. Vida dimainkan sejak menit pertama.

Pemain 31 tahun itu sedianya sudah mengembalikan hasil tes pada Senin (9/11). Ketika itu, hasilnya negatif, yang berarti membuatnya bisa ikut serta ke Istanbul.

Kemudian, Vida kembali menjalani tes pada pagi hari sebelum pertandingan Turki vs Kroasia. Entah karena hasilnya terlambat keluar atau karena hal lain, Vida pun tetap bermain di pertandingan itu.

Dan ternyata, hasilnya keluar saat pertandingan Turki vs Kroasia sudah berjalan. Saat jeda, diketahui Vida rupanya punya hasil tes yang menyatakan dirinya berpotensi tertular virus corona.

Alhasil, Vida langsung diganti. Bek Besiktas itu ditarik pelatih Zlatko Dalic, dan diganti oleh Filip Uremovic. Federasi Sepakbola Kroasia langsung membuat pernyataan. Ia mengaku Vida akan dites ulang dan kini sedang menjalani isolasi.

"Pelayanan medis tim nasional Kroasia menerima informasi awal pada akhir jeda antara kedua babak, bahwa ada satu hasil yang berpotensi positif. Ini adalah prosedur pengujian yang umum. Temuan yang mencurigakan 'diuji ulang untuk mengkonfirmasi hasilnya'," bunyi pernyataan Federasi Sepak Bola Kroasia.

"Karena saat itu pelatih Zlatko Dalic sudah mengambil keputusan untuk mengganti Vida, layanan medis tim nasional mengisolasi Vida sesuai dengan semua tindakan epidemiologis hingga hasil tes dikonfirmasi."

"Vida akan, merujuk regulasi, akan menghabiskan waktu beberapa hari ke depan dengan isolasi mandiri di Istanbul. Semua anggota tim dan staf, yang dites hasilnya negatif, dijadwalkan terbang ke Stockholm. Tim nasional telah mematuhi semua tindakan epidemiologis, sesuai dengan protokol UEFA," jelas Vatreni.

Laga Turki vs Kroasia sendiri berakhir imbang 3-3. Selanjutnya, Kroasia akan menghadapi Swedia dan Portugal di UEFA Nations League, 15 dan 18 November mendatang.

(yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com