sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 17 Nov 2020 00:00 WIB

Gagal di UEFA Nations League, Inggris Disarankan Pecat Southgate

Bayu Baskoro - detikSport
PRISTINA, KOSOVO - NOVEMBER 16: England manager Gareth Southgate speaks to the press during the England press conference on November 16, 2019 in Pristina, Kosovo. (Photo by Michael Regan/Getty Images) Timnas Inggris disarankan memecat Gareth Southgate usai kegagalan di UEFA Nations League. (Foto: Getty Images/Michael Regan)
London -

Timnas Inggris disarankan segera mendepak Gareth Southgate dari jabatan manajer. Saran tersebut mencuat usai kegagalan Harry Kane dkk di UEFA Nations League.

Inggris tumbang di tangan Belgia pada matchday kelima Liga A Grup 2 UEFA Nations League, Senin (16/11/2020) dini hari WIB. Bermain di King Power Stadion At Den Dreef, The Three Lions menyerah 0-2.

Kekalahan tersebut membuat Inggris tertahan di peringkat ketiga Grup 2 dengan tujuh poin. Dengan satu laga tersisa di babak grup, juara Piala Dunia 1966 itu dipastikan gagal melaju ke fase selanjutnya, lantaran tertinggal lima poin dari tim pemuncak grup, Belgia.

Kegagalan Timnas Inggris melangkah ke babak berikutnya di UEFA Nations League membuat posisi Gareth Southgate selaku manajer dipertanyakan. Tidak sedikit bahkan yang berharap pria 50 tahun itu dipecat dari kursi manajer tim.

Salah satu yang menginginkan Southgate segera didepak dari jabatan manajer Inggris adalah mantan anak asuhnya di Middlesborough, Ahmed Hossam Hussein Abdelhamid. Pria yang dikenal dengan panggilan Mido itu menilai Southgate bukan sosok yang tepat menangani The Three Lions.

Mido turut menyarankan Inggris supaya mengganti Southgate dengan manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. Dalam pandangannya, The Special One punya karakter lebih tangguh ketimbang mantan bosnya tersebut.

"Inggris membutuhkan manajer yang tepat...mereka membuang-buang waktu dengan Southgate. Memang sih dia selalu mengatakan hal yang benar di media dan mungkin itu sebabnya dia bisa bertahan lama, tapi percayalah dia gagap banget setiap kali ada yang tidak beres pada babak pertama. Pemain merasakan ketakutannya!" kata Mido, dilansir dari Mirror.

"Inggris memiliki beberapa talenta terbaik, mereka membutuhkan manajer dengan karakter kuat. Seseorang yang dapat membuat mereka bersenang-senang dan bermain tanpa rasa takut... Maaf, tapi Southgate bukan orang yang tepat untuk itu," dia menambahkan.

"Saya ingat waktu di Boro dia ketakutan setengah mati saat kami berjuang melawan degradasi. Memang benar kalau saat itu dia baru pertama kali melatih, tapi hal tersebut tidak berubah! Jika anda takut kalah dalam pertandingan, maka anda akan selalu takut kekalahan di setiap laga sepakbola dan pemain selalu bisa merasakannya,".

"Saran saya untuk FA adalah segera tunjuk Mourinho sebagai pelatih dan tempatkan Southgate sebagai ketua FA. Mereka berdua sempurna untuk pekerjaan itu... Singkirkan Southgate dari para pemain sejauh yang anda bisa," demikian kata Mido mengenai manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate.



Simak Video "Belgia Sukses Hajar Inggris 2 Gol Tanpa Balas"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com