sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 17 Nov 2020 10:56 WIB

Ditanya Kapan Pensiun dari Timnas Spanyol, Begini Jawab Sergio Ramos

Adhi Prasetya - detikSport
AMSTERDAM, NETHERLANDS - NOVEMBER 11: Sergio Ramos of Spain in action during the international friendly match between Netherlands and Spain at Johan Cruijff Arena on November 11, 2020 in Amsterdam, Netherlands. Sporting stadiums around Netherlands remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images) Sergio Ramos belum berniat pensiun dari Timnas Spanyol. Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos
Jakarta -

Sergio Ramos sudah tampil 177 kali untuk Timnas Spanyol. Di usianya yang sudah menginjak 34 tahun, kapten La Furia Roja itu belum berniat mundur dan bisa mengejar rekor berikutnya.

Ramos mencatat caps ke-177 saat Spanyol ditahan imbang Swiss 1-1 di UEFA Nations League, Minggu (15/11/2020) dini hari WIB. Penampilan itu membuatnya menjadi pemilik caps timnas terbanyak di seantero Eropa, mengalahkan Gianluigi Buffon di Timnas Italia (176 kali).

Ramos juga mampu meraih jumlah penampilan itu di usia yang lebih muda. Jika Buffon butuh waktu 21 tahun, Ramos hanya perlu 15 tahun. Kini ada rekor lainnya yang bisa dipecahkan oleh Ramos.

Bek Real Madrid itu hanya butuh 8 laga lagi untuk bisa melewati rekor eks gelandang Mesir, Ahmed Hassan. Pria yang sudah pensiun pada 2013 itu memiliki 184 caps bersama Timnas Mesir, menjadikannya pemain pria dengan rekor penampilan terbanyak di dunia bersama timnas.

Ramos tampaknya tak begitu berniat mengejar rekor itu, namun ia menegaskan bahwa dirinya akan terus bermain di Timnas Spanyol selama masih dibutuhkan. Artinya, tak tertutup peluang ia memecahkan rekor milik Hassan.

"Saya akan bermain sampai tiba saatnya fisik dan pikiran saya tak lagi mendukung," ujar Sergio Ramos, dikutip dari Marca.

LONDON, ENGLAND - MARCH 03:  Ahmed Hassan of Egypt in action during the International Friendly match between England and Egypt at Wembley Stadium on March 3, 2010 in London, England.  (Photo by Paul Gilham/Getty Images)Ahmed Hassan, pemegang rekor penampilan terbanyak bersama timnas. Foto: Getty Images/Paul Gilham

"Selama saya masih memiliki hasrat (bermain untuk Timnas Spanyol), maka saya akan terus bermain," jelasnya.

Ramos kemungkinan akan terus dibawa oleh pelatih Luis Enrique, setidaknya hingga Piala Eropa tahun depan. Namun saat ini, yang terdekat adalah membawa Spanyol melaju ke final four UEFA Nations League.

La Furia Roja harus menang atas Jerman pada Rabu (18/11) dini hari WIB jika ingin lolos. Hanya juara grup yang berhak ke fase gugur, dan Jerman saat ini memimpin klasemen dengan 9 poin, disusul Spanyol dengan 8 poin. Pertemuan kedua tim adalah laga terakhir fase grup A4.

(adp/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com