sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 19 Nov 2020 05:03 WIB

UEFA Nations League

UEFA Nations League: Tekuk Polandia 2-1, Belanda Tetap Gagal ke Semifinal

Yanu Arifin - detikSport
Polands Kamil Glik, center, and Netherlands Memphis Depay, left, vie for the ball during the Nations League soccer match between Poland and The Netherlands at Silesian Stadium in Chorzow, Poland, Wednesday, Nov. 18, 2020. (AP Photo/Czarek Sokolowski) Timnas Belanda menang 2-1 atas Polandia, namun tetap gagal maju ke semifinal UEFA Nations League. (Foto: Czarek Sokolowski/AP)
Chorzów -

Timnas Belanda susah payah mengatasi perlawanan Polandia dengan skor 2-1 di UEFA Nations League. Meski menang, De Oranje tetap tak lolos ke semifinal.

Polandia vs Belanda digelar di Stadium Slaski, Kamis (19/11/2020) dini hari WIB. Tuan rumah sempat unggul cepat lewat Kamil Jozwiak di menit kel-6.

Belanda baru bisa membalas menjelang laga bubar. Setelah menyamakan skor lewat penalti Memphis Depay di menit ke-77, tim tamu memastikan kemenangan lewat Georgino Wijnaldum di menit ke-84.

Hasil ini membuat Belanda mengoleksi 11 poin dan berada di posisi kedua Grup A1. Anak asuh Frank de Boer tetap tak lolos ke putarann final tahun depan.

Sebab, Italia bisa menang di saat bersamaan. Gli Azzurri mengatasi Bosnia & Herzegovina 2-0, sehingga bisa memuncaki klasemen dengan raihan 12 poin. Italia yang berhak lolos ke putaran final tahun depan.

Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan enam menit, Polandia langsung membobol Belanda. Kamil Jozwiak mencatatkan namanya di papan skor, usai meneruskan sodoran Robert Lewandowski, dalam skema serangan balik cepat. Polandia unggul 1-0.

Belanda coba membalas. Di menit ke-12. Wijnaldum melepaskan tembakan kaki kiri, yang masih bisa ditepis Lukasz Fabianski.

Polandia nyaris mendapat gol keduanya di menit ke-17. Sepakan Przemyslaw Placheta dari sudut sempat cuma membentur mistar gawang Belanda.

Memasuki lima menit akhir babak pertama, Belanda mendapat dua peluang bagus. Pertama lewat Memphis Depay, yang sepakannya bisa diredam Fabianski. Kemudian upaya Frenkie de Jong juga bisa diatasi. Hingga jeda, skor 1-0 untuk keunggulan Polandia bertahan.

Di babak kedua, Polandia langsung menggebrak leewat Placheta. Dari sisi kanan, ia melepaskan tembakan ke arah gawang Belanda, namun masih jauh dari sasaran.

Belanda kembali membahayakan gawang Polandia lewat Depay. Upaya pemain Lille itu lagi-lagi bisa diredam Fabianski. Hingga akhirnya, Belanda mendapat penalti di menit ke-77.

Wijnaldum dilanggar oleh Jan Bednarek di kotak terlarang. Depay mau menjadi eksekutor, dan bisa menyelesaikannya. Skor menjadi 1-1.

Belanda akhirnya berbalik unggul di menit ke-84. Wijnaldum bisa menanduk masuk bola ke gawang Polandia, usai meneruskan crossing Steven Berghuis. Skor menajadi 2-1.

Di sisa waktu pertandingan, tak ada peluang berarti. Kemenangan 2-1 Belanda atas Polandia bertahan, yang hasilnya tetap tak meloloskan Depay dkk ke putaran final tahun depan.

Susunan Pemain

Polandia: Fabianski, Kedziora, Glik, Bednarek, Reca (Rybus 81'), Klich, Krychowiak (Linetty 71'), Placheta (Grosicki 76'), Zielinski (Moder 71'), Jozwiak, Lewanndowski (Piatek 46')

Belanda: Krul, Van Aanholt (Wijndal 71'), De Vrij, Blind (Luuk de Jong 84'), Hateboer (Dumfries 57'), De Jong, Wijnaldum, Klaassen (Van de Beek 70'), Malen, Stengs (Berghuis 70'), Depay

(yna/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com