sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 19 Nov 2020 10:17 WIB

Kesempatan Kedua untuk Phil Foden

Putra Rusdi K - detikSport
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 18: Phil Foden of England looks on during the UEFA Nations League group stage match between England and Iceland at Wembley Stadium on November 18, 2020 in London, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in fixtures being played behind closed doors. (Photo by Neil Hall - Pool/Getty Images) Phil Foden tampil apik saat Inggris mengalahkan Islandia (Foto: Getty Images/Pool)
London -

Phil Foden menjadi bintang saat Inggris mengalahkan Islandia. Ia menebus kesempatan dari Gareth Southgate yang mempercayainya lagi usai sempat terlilit skandal.

Inggris berhasil mengalahkan Islandia 4-0 di Wembley pada laga terakhir Grup 2 Liga A UEFA Nations League, Kamis (19/11/2020) dini hari WIB. Foden menjadi bintang kemenangan Tim Tiga Singa di laga ini.

Ia mampu mencetak dua gol (menit ke-80 dan 84'). Pemain Manchester City ini juga turut memberi assist untuk gol pembuka Inggris yang dibuat oleh Declan Rice (20'). Sementara, satu gol tuan rumah lainnya dibuat Mason Mount (24').

Foden menebus kepercayaan pelatih Inggris, Gareth Southgate, yang memainkannya sebagai starter. Ini merupakan kali pertama Foden kembali dimainkan Southgate sejak menit awal usai skandal yang menimpanya pasca debut di timnas Inggris.

Gelandang 20 tahun ini terlilit masalah akibat bersama Mason Greenwood tertangkap basah memasukkan seorang wanita ke kamar hotel tempat timnas Inggris menginap. Ini terjadi setelah laga kontra Islandia pada pertemuan pertama di ajang UEFA Nations League pada September lalu.

Foden sempat terpinggirkan oleh Southgate akibat masalah ini. Namun, pelatih 50 tahun tersebut kemudian memberinya kesempatan kedua untuk dipanggil ke timnas Inggris di jeda internasional pekan ini.

Foden begitu berterima kasih kepada Southgate yang masih mempercayainya usai momen-momen sulit akibat skandal yang membelitnya. Ia senang bisa membalas kepercayaan tersebut dengan penampilan apik di laga kali ini.

"Itu adalah salah satu momen tersulit dalam hidup saya. Saat itulah Anda membutuhkan kepercayaan dari manajer Anda dan Gareth sangat menghormati saya, untuk mempercayai saya bermain malam ini," ujarnya dikutip dari AP.

"Saya senang membalasnya dengan gol dan bermain bagus. Saya hanya bertekad untuk kembali dan melakukan yang terbaik yang saya bisa. Saya agak gugup pada awalnya tapi kemudian semuanya berjalan seperti biasa," jelas Foden.

Sayangnya, kemenangan Inggris atas Islandia ini tak mengubah nasib mereka di Grup 2. Pasalnya, Inggris gagal melaju ke babak semifinal dengan hanya berada di peringkat ketiga Grup 2.

Mereka mengumpulkan 10 poin terpaut lima angka dari Belgia di puncak klasemen. De Rode Duivels menjadi wakil dari Grup2 di babak semifinal.

(pur/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com