Julukan Maradona: Mulai dari Dewa hingga Layang-layang

Putra Rusdi K - Sepakbola
Jumat, 27 Nov 2020 14:05 WIB
Diego Maradona tutup usia pada Rabu (25/11) malam. Legenda sepakbola Argentina itu mencuri atensi publik lewat permainannya di laga Piala Dunia 1986 silam.
Julukan-julukan Diego Maradona saat masih bermain (Foto: Rex Features Dok. BBC Indonesia.)
Jakarta -

Diego Maradona yang baru saja tutup usai meninggalkan banyak nama julukan. Beberapa punya makna unik. Ini beberapa julukan untuk mantan bintang Napoli itu.

Maradona meninggal dunia akibat henti jantung di rumahnya, Rabu (25/11/2020) malam WIB. Mantan pemain Barcelona dan Napoli ini meninggal di usia 60 tahun.

Sepak bola harus kehilangan bintang besarnya. Maradona dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia sepanjang masa.

Ia mampu mempersembahkan dua Scudetto untuk Napoli dan gelar Piala Dunia 1986 bersama timnas Argentina. Tak sekadar meraih trofi, aksi El Diego baik di dalam lapangan maupun saat di luar lapangan kerap menjadi sorotan.

Tubuh mungil Maradona kerap meliuk-liuk melewati beberapa pemain kala di lapanga. Sementara, di luar lapangan sosok Maradona lekat dengan kontroversi

Tak mengherankan bila Maradona mendapat beberapa julukan yang akibat tingkah lakunya tersebut. Berikut ini adalah beberapa julukan yang pernah disematkan kepada Maradona, dikutip dari Marca.


El Pelusa

Maradona selalu menonjol karena tubuhnya yang pendek, kekar, dan punya rambut keriting yang mengembang terutama saat di awal kariernya. Julukan Pelusa merujuk pada rambut keriting Maradona dan digunakan di kampung halamannya di Villa Fiorito.

El Barrilete Cosmico (Layang-layang Kosmik)

Julukan ini berawal saat mantan pelatih Argentia, Cesar Luis Menotti, yang tak setuju jika Maradona menjadi kapten Tim Tango menjelang Piala Dunia 1986. Ia menilai Maradona tak sepenuhnya fokus pada sepak bola.

Hidup Maradona dianggap seperti layang-layang yang terombang-ambing oleh angin. Namun kemudian, Maradona justru menjadi bintang pada Piala Dunia 1986 dengan mengantarkan Argentina menjadi juara. Pernyataan Menotti ini kadung terngiang sehingga Maradona dipuji sebagai layang-layang kosmik.


El Cebollita (Si Bawang Kecil)

Julukan ini awalnya bukan untuk Diego Maradona semata. Bakat Maradona ditemukan saat ia bermain di Argentinos Junior yang kali itu diperkuat banyak pemain dengan postur kecil.

Klub ini pun dijuluki Si Bawang Kecil. Karena bakat Maradona yang paling menonjol, julukan ini kemudian lebih melekat kepadanya.

El Pibe del Oro (Si Anak Emas)

Julukan ini awalnya diberikan kepada pemilik nomor 10 Boca Juniors sebelum Maradona, Ernesto Lazzatti. Julukan ini kemudian menurun ke Maradona

D10S

Berasal dari kata Dios berarti Tuhan yang dikombinasikan dengan nomor punggungnya yaitu 10. Ini karena Maradona sangat hebat dalam mengolah si kulit bundar sehingga diibaratkan sebagai seorang dewa.

(pur/mrp)