sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 01 Des 2020 22:20 WIB

De Boer Masih Berharap Van Dijk Main di Piala Eropa

Mohammad Resha Pratama - detikSport
BELFAST, NORTHERN IRELAND - NOVEMBER 16: Virgil van Dijk of Netherlands celebrates at the end of the UEFA Euro 2020 qualifier between Northern Ireland  and The Netherlands at Windsor Park on November 16, 2019 in Belfast, Northern Ireland. (Photo by Mike Hewitt/Getty Images) Virgil van Dijk diharapkan bisa tampil di Piala Eropa 2020 (Getty Images/Mike Hewitt)
Amsterdam -

Virgil van Dijk harus absen lama karena cedera lutut. Namun, pelatih Timnas Belanda Frank de Boer masih berharap Van Dijk bisa main di Piala Eropa 2020.

Van Dijk mendapat cedera ligamen lutut itu usai diterjang kiper Everton Jordan Pickford Oktober lalu. Cedera itu membuat Van Dijk harus menjalani operasi dan absen minimal 6-8 bulan.

Van Dijk memang masih bisa tampil di sisa pertandingan musim 2020/2021, tapi dengan syarat kondisinya sudah pulih 100 persen. Melihat perkembangan terakhir dari manajer Liverpool Juergen Klopp, hal itu tampaknya sulit terpenuhi.

Sebab Klopp mengklaim kondisi lutut Van Dijk parah karena hantaman Pickford tersebut. Sehingga Van Dijk memang harus menjalani pemulihan sepenuhnya dan tidak bermain sampai kondisinya 100 persen.

Jika Van Dijk betul-betul melewatkan musim ini, maka peluangnya main di Piala Eropa 2020 juga sangat tipis. Klopp tentu tak mau membiarkan Van Dijk bermain membela Timnas Belanda begitu saja jika belum fit.

Terkait kondisi Van Dijk saat ini, De Boer selaku pelatih Belanda berharap betul si pemain 29 tahun itu akan pulih cepat. Pasalnya Belanda juga membutuhkan tenaga Van Dijk di Piala Eropa.

"Saya sudah menghubunginya," tutur De Boer kepada NOS.

"Operasinya berjalan lancar, dia nyaris tidak bisa melakukan apapun di pekan-pekan pertama. Semoga saja dia sudah siap untuk tampil di Piala Eropa. Jika dia bisa bermain lagi di awal Mei, tentunya itu sangat hebat. Buat dia dan juga Oranje," sambungnya.

Virgil van Dijk adalah andalan di lini belakang Belanda sekaligus kapten tim. De Oranje tergabung di Grup C bareng Belanda, Ukraina, Austria, dan Makedonia Utara.

(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com