Gol Solo Run Son Heung-min Berbuah Puskas Award 2020

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 18 Des 2020 09:10 WIB
London -

Son Heung-min meraih Puskas Award 2020 atau gelar pencetak gol terbaik di dunia tahun ini. Aksinya membobol gawang Burnley lewat solo run jadi yang terindah.

Puskas Award menjadi salah satu kategori yang diperebutkan dalam acara tahunan FIFA bertajuk The Best FIFA Football Awards. Kategori itu mencari pencetak gol terbaik.

Dan tahun ini, Son Heung-min yang memenangkannya. Pemain Tottenham Hotspur itu dinobatkan sebagai pencetak gol terkeren, lewat aksinya musim lalu.

Pemain Korea Selatan itu sempat membuat gol indah ke gawang Burnley di Tottenham Hotspur Stadium, dalam pertandingan Liga Inggris musim lalu, 7 Desember 2019. Ia menggiring bola dari daerah pertahanan Tottenham hingga kotak penalti lawan, sebelum menceploskan bolanya ke gawang Burnley.

Dalam prosesnya, Son Heung-min bisa berlari cepat dan lolos dari kepungan delapan pemain Burnley. Kemudian, Son tanpa kesulitan menaklukkan Nick Pope dan menceploskan bolanya ke dalam gawang Burnley.

Atas aksinya itu, Son menyabet gelar Puskas Award 2020. Ia mengalahkan Luis Suarez (Barcelona/Atletico Madrid) dan Giorgian De Arrascaeta (Flamengo).

Dengan keberhasilan ini, Son Heung-min mengikuti jejak Cristiano Ronaldo, Neymar, James Rodriguez, Zlatan Ibrahimovic, dan Mohamed Salah, yang juga sudah pernah memenangkan Puskas Award.

(yna/adp)