sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 18 Des 2020 12:00 WIB

Hansi Flick Gagal Jadi Pelatih Terbaik FIFA, Klopp pun Terkejut

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Bayern coach Hansi Flick catches the match ball during a German Bundesliga soccer match between Bayern Munich and RB Leipzig in Munich, Germany, Saturday, Dec. 5, 2020. (Sven Hoppe/dpa via AP) Hansi Flick gagal jadi pelatih terbaik FIFA 2020 (AP/Sven Hoppe)
Liverpool -

Juergen Klopp senang ketika dia dinobatkan jadi pelatih terbaik FIFA 2020. Di satu sisi, Klopp nyatanya terkejut bukan Hansi Flick pemenangnya.

Dalam acara FIFA Gala Award 2020, Jumat (18/12/2020) dini hari WIB, tak cuma diumumkan siapa jadi pemain terbaik tahun ini. Tapi ada beberapa kategori juga, salah satunya pelatih terbaik.

Untuk tiga besar nominasi peraih penghargaan itu, ada Klopp selaku manajer Liverpool, Flick yang menangani Bayern Munich, dan Marcelo Bielsa dari Leeds United. Ketiganya punya prestasi tersendiri sepanjang tahun ini.

Flick tentunya jadi nama yang paling dijagokan mengingat prestasinya membawa Bayern Munich meraih tiga gelar juara sepanjang tahun ini. Apalagi Flick sejatinya baru ditunjuk menangani tim pada November 2019.

Bayern saat itu memecat Niko Kovac karena performa buruk di liga. Belum lagi Flick juga mengantarkan Bayern kepada sejumlah rekor baru di Eropa, termasuk 15 kemenangan beruntun dan cuma dua kali kalah musim lalu.

Tapi, para pemegang suara akhirnya memilih Klopp sebagai pelatih terbaik. Prestasi Klopp memang bukan kaleng-kaleng, karena berhasil membawa Liverpool juara Liga Inggris untuk pertama kalinya dalam 30 tahun.

Liverpool juga mencatatkan rekor baru yakni juara tercepat ketika musim menyisakan tujuh partai lagi. Juergen Klopp merasa tersanjung sekaligus kaget ketika namanya muncul sebagai pemenang, bukan Hansi Flick.

"Saya tidak mengira bakal menang, tapi ternyata menang juga. Ya okelah," ujar Klopp seperti dikutip Forbes.

"Banyak orang terkejut ketika nama saya disebut. Saya juga mengira Hansi Flick bakal jadi pemenangnya. Tapi saya tidak terlibat dalam pemungutan suara. Ini luar biasa dan sulit dipercaya," sambungnya.

(mrp/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com