Empat Pemain Ini Tak Inginkan Xavi Latih Barcelona

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 25 Des 2020 08:21 WIB
Al Sadds Spanish coach Xavi Hernandez watches the second leg of the AFC Champions League semi-finals football match between Qatars Al Sadd and Saudi Al Hilal in Riyadh on October 22, 2019. (Photo by Fayez Nureldine / AFP)
Xavi selalu dikaitkan dengan kepulangan ke Barcelona. Foto: AFP/FAYEZ NURELDINE
Jakarta -

Xavi Hernandez selalu dikaitkan menjadi pelatih Barcelona di masa depan. Namun saat ini kabarnya ada empat pemain yang menolak kehadirannya, padahal mereka adalah rekan dekat sang entrenador. Siapa?

Xavi pernah ditawari menjadi pelatih Barcelona pada awal tahun ini, selepas pemecatan Ernesto Valverde. Namun pria 40 tahun itu menolaknya, dengan alasan tak mau mengambil alih tim di tengah musim.

Xavi akhirnya memperpanjang kontrak dengan Al-Sadd, dan Barcelona menunjuk Quique Setien. Setien pada akhirnya dipecat pada Agustus lalu setelah Barcelona mengakhiri musim tanpa trofi. Posisinya kemudian diisi Ronald Koeman.

Jelang pemilihan presiden baru Barcelona pada 24 Januari 2021, kabar kepulangan Xavi ke Barcelona kembali mencuat. Apalagi salah satu kandidat, Victor Font, menjadikan Xavi sebagai bahan jualan kampanye.

Font berjanji mendatangkan Xavi sebagai pelatih Barcelona, dan juga mempertahankan Lionel Messi yang kontraknya segera habis musim panas mendatang. Meski begitu, janji tersebut bukan hal yang mudah untuk ditepati, sekalipun Font menang.

MADRID, SPAIN - OCTOBER 04:  Xavi Hernandez (R) and Lionel Messi line-up a free kick during the La Liga match between Rayo Vallecano de Madrid and FC Barcelona at Estadio Teresa Rivero on October 4, 2014 in Madrid, Spain.  (Photo by Denis Doyle/Getty Images)Xavi dan Messi bermain bersama selama bertahun-tahun di Barcelona dan memenangi banyak trofi. Foto: Getty Images/Denis Doyle

Dilaporkan Diario Gol, Xavi enggan melatih Barcelona karena masih ada empat pemain yang akan menolaknya, yakni Messi, Gerard Pique, Sergio Busquets, dan Jordi Alba. Semuanya merupakan eks rekan setim Xavi dan jebolan La Masia.

Kabarnya, keempatnya menolak Xavi karena posisi mereka kemungkinan besar akan tergusur. Xavi disebut menginginkan perombakan total, bukan transisi secara perlahan. Dengan usia yang tak lagi muda, keempatnya berpeluang digeser oleh para pemain yang lebih muda dan bertenaga.

Masalahnya, mendepak keempatnya bukan hal mudah. Jika Messi belum tentu memperpanjang kontraknya di Barcelona, tiga nama lain disebut masih ingin bertahan di Camp Nou dan juga memiliki kontrak yang panjang.

Pique dan Alba terikat sampai 2024, sedangkan Busquets hingga 2023. Jangan lupakan juga bahwa 3 dari 4 pemain tersebut berada dalam hierarki teratas kapten Barcelona.

Sementara di sisi lain, Xavi juga enggan 'mengusir' mereka, mengingat keempat pemain tersebut adalah temannya. Oleh sebab itu, opsi teraman baginya adalah tak pulang ke Barcelona sementara ini.

(adp/bay)