sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 06 Jan 2021 16:43 WIB

Pele Gak Terima Cristiano Ronaldo Lampaui Rekor Golnya?

Bayu Baskoro - detikSport
ZURICH, SWITZERLAND - DECEMBER 17:  Cristiano Ronaldo (L) of Manchester United and Portugal receives the third placed award from Pele during the FIFA World Player of The Year Gala 2007 at the Zurich Opera House on December 17, 2007 in Zurich, Switzerland.  (Photo by Michael Steele/Getty Images) Cristiano Ronaldo bersama Pele. (Foto: Getty Images/Michael Steele)
Turin -

Cristiano Ronaldo berhasil melampaui jumlah gol keseluruhan Pele. Pencapaian bintang Juventus tersebut disangkal sang legenda Brasil. Kok bisa?

Ronaldo mencetak dua gol saat Juventus menang 4-1 atas Udinese, Senin (4/1/2021), dalam lanjutan Liga Italia. Tambahan dua golnya itu membuat CR7 kini telah mengoleksi 758 gol sepanjang kariernya di level klub dan timnas.

Ronaldo tercatat memiliki rekening 656 gol di empat klub yang pernah dia bela, yakni Sporting CP (4 gol), Manchester United (118 gol), Real Madrid (450 gol), serta Juventus (84 gol). Bintang 35 tahun itu juga sudah 102 kali membobol lawan bersama Timnas Portugal.

Jumlah keseluruhan gol Cristiano Ronaldo tersebut membuatnya kini berada di posisi kedua dalam daftar pemain dengan gol terbanyak sepanjang sejarah. Dia mengalahkan rekor gol Pele (757 gol), serta hanya berjarak satu gol dengan Josef Bican (759 gol) di peringkat pertama.

Pele pun bereaksi dengan pencapaian Ronaldo yang melampaui jumlah golnya. Legenda bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu memperbarui data Instagramnya, dan menulis jika dia masih terhitung sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah.

Dalam laman Instagram miliknya, Pele mengklaim jika dirinya memimpin daftar pencetak gol sepanjang masa dengan torehan 1.283 gol. Jumlah tersebut mencakup seluruh gol yang dibuat O Rei di laga persahabatan, tur-tur dan testimonial.

Tangkapan layar biodata Instagram Pele yang mengklaim dirinya masih berstatus pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah.Tangkapan layar biodata Instagram Pele yang mengklaim dirinya masih berstatus pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah. (Foto: Instagram @pele)

Ini bukan kali pertama rekor gol Pele dikalahkan oleh pesepakbola modern yang masih aktif bermain saat ini. Sebelumnya, Lionel Messi berhasil mendepak Pele di urutan pertama pemain paling banyak mencetak gol dalam satu klub.

Messi saat ini sudah mengumpulkan 644 gol bersama Barcelona, mengalahkan koleksi 643 gol milik Pele bersama Santos pada 1956-1974. Namun, prestasi La Pulga tersebut dibantah Santos, yang mengklaim jika Pele memiliki 1.091 gol selama bermain di klubnya.

(bay/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com