sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 14 Jan 2021 17:00 WIB

Selamat! Pemain Chelsea Ini Beraksi Lagi Usai Absen 32 Bulan

Kris Fathoni W - detikSport
PSVs Dutch defender Nick Viergever (L) and PSVs Dutch midfielder Marco van Ginkel (R) attend a training session on the eve of the UEFA Europa League group E football match against Omonoia FC at the PSV Campus De Herdgang in Eindhoven, on December 9, 2020. (Photo by Jeroen PUTMANS / ANP / AFP) / Netherlands OUT Marco van Ginkel (kanan), pemain Chelsea yang dipinjamkan ke PSV. (Foto: AFP/JEROEN PUTMANS)
Jakarta -

Pemain Chelsea Marco van Ginkel kembali bisa beraksi di lapangan hijau. Ia sebelumnya harus absen selama 958 hari alias sekitar 32 bulan.

Marco van Ginkel direkrut Chelsea dari Vitesse Arnhem pada musim panas 2013. Di musim pertama ia tampil empat kali buat the Blues. Pada prosesnya penampilan pesepakbola asal Belanda itu jadi amat terbatas sehingga lebih banyak jadi pemain pinjaman.

Ia di antaranya pernah dipinjamkan ke AC Milan dan Stoke City. Kini Marco van Ginkel juga tengah menjalani masa peminjaman di klub Belanda PSV Eindhoven.

Di PSV pula Marco van Ginkel mengalami cedera lutut serius. Pesepakbola dengan 8 caps buat tim nasional Belanda itu pun sempat terancam karier profesionalnya.

Di musim panas, Marco van Ginkel kembali jadi pemain pinjaman PSV dari Chelsea. Dan kini ia sudah berhasil main lagi, melakoni laga comeback setelah sekitar 32 bulan alias nyaris 3 tahun!

Dalam catatan Transfermarkt, Marco van Ginkel absen sejak 1 Juni 2018. Total ia sudah absen selama 958 hari, dengan melewatkan sampai 119 laga bersama PSV Eindhoven.

Di laga comeback, Marco van Ginkel tampil menjadi pemain pengganti PSV di menit ke-87 untuk menggantikan Donyell Malen saat menghadapi AZ. Sekalipun PSV menyerah 1-3 di laga Eredivisie tersebut, ini tetap jadi momen menggembirakan buat Van Ginkel.

"Secara pribadi, ini merupakan pencapaian besar. Aku sudah bekerja keras untuk bisa kembali dan itu butuh waktu lama. Bisa kembali selayaknya pencapaian tersendiri," kata pesepakbola 28 tahun tersebut kepada ESPN.

"Aku sudah mulai kembali saat lawan Ajax (dengan duduk di bench pemain pengganti), aku kembali merasakan atmosfer dan nuansa stadion. Hari ini aku melihat ada sesuatu yang bisa dilakukan saat kami ketinggalan. Aku main beberapa menit, itu menyenangkan sekali."

Kembalinya Marco van Ginkel tak luput dari perhatian Chelsea, yang masih memilikinya dengan kontrak sampai musim panas mendatang. Ucapan selamat pun dilontarkan.



Bagaimana aksi lanjutan van Ginkel buat PSV? Simak terus keseruan Eredivisie di link berikut ini.

(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com