sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 16 Jan 2021 18:25 WIB

Ronaldo, Messi, dan Henry Pernah Bilang Begini soal Rooney

Kris Fathoni W - detikSport
CARDIFF, UNITED KINGDOM - FEBRUARY 26: Cristiano Ronaldo (L) and Wayne Rooney of Manchester United celebrate with the trophy after winning the Carling Cup Final match between Manchester United and Wigan Athletic at the Millennium Stadium on February 26, 2006 in Cardiff, Wales. (Photo by Mike Hewitt/Getty Images) Ronaldo, Messi, dan Henry Pernah Bilang Begini soal Rooney. (Foto: Mike Hewitt/Getty Images)
Jakarta -

Wayne Rooney sudah pensiun sebagai pesepakbola. Semasa Rooney masih bermain, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Thierry Henry sampai kompak memuji.

Karier bermain Rooney diakhiri di Derby County. Ia datang ke klub itu sebagai pelatih merangkap pemain sampai akhirnya kini resmi ditunjuk sebagai manajer permanen klub tersebut.

Semasa bermain, Wayne Rooney mampu unjuk gigi lewat serangkaian aksi termasuk dalam hal menjebol gawang lawan dan meraih sederet gelar juara. Sosok yang pernah jadi andalan Manchester United dan timnas Inggris itu pun diapresiasi kawan maupun lawan.

Berikut rangkuman talkSPORT mengenai apa yang pernah dikatakan tiga sosok top di dunia sepakbola mengenai Wayne Rooney.

"Selalu ada rasa saling hormat yang besar antara diriku dan Wayne Rooney. Buatku ia adalah pemain Inggris terhebat di generasinya," kata Lionel Messi soal Rooney medio 2010.

"Kemampuannya di atas lapangan amat spesial dan ia adalah segelintir pemain yang akan bikin skuad mana pun di Eropa akan jadi lebih kuat. Akan jadi impian bisa main bareng Rooney jika Manchester United tiba di titik merasa perlu menjual dirinya. Secara pribadi aku sendiri yang akan menghadap presiden Barcelona dan minta ia direkrut."

"Pada satu waktu, senantiasa ada sejumlah pemain yang akan masuk sejarah sepakbola. Pada saat ini mungkin ada Ronaldo, Rooney, Xavi, dan dua nama lainnya tapi menurutku tak ada yang punya semangat bermain sebesar Rooney."

Setali tiga uang dengan penilaian Cristiano Ronaldo, sekalipun hubungan keduanya sempat dikabarkan renggang di Piala Dunia 2006. Pada satu ketika, Ronaldo juga sempat memberikan pernyataan berikut soal Wayne Rooney yang pernah jadi rekan setimnya di Man United.

"Dia itu anak Inggris, semua mencintainya. Ia sedemikian tangguh sehingga saya memanggilnya 'Pitbull'. Kekuatan Wayne Rooney terletak pada fisik dan mental, dan ia tak pernah berhenti. Ia merupakan pemain tim fantastis dan jago bikin gol."

Thierry Henry, legenda Arsenal yang juga mantan rival Rooney, memberikan pujian serupa seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Bahkan menurutnya Wayne Rooney kurang diapresiasi sepanjang kariernya.

"Anda cuma akan benar-benar mengapresiasi Rooney ketika ia sudah pensiun. Sayang sekali, tapi selalu seperti itu. Di sepakbola, main bagus selama enam bulan atau satu musim tak ada artinya. Bisa melakukannya lebih dari satu dekade seperti Rooney adalah hal luar biasa."

"Aku tahu apa yang diperlukan (untuk bisa seperti itu) dan ini tidak mudah. Percayalah, orang-orang banyak membicarakan dirinya di luar negara ini (Inggris). Di Spanyol dan Prancis, ia diapresiasi sebagai pemain yang amat top," sebut Henry.

(krs/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com