Samai Rekor Barcelona, Bayern Munich Mampu Raih Sextuple!

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 12 Feb 2021 06:25 WIB
DOHA, QATAR - FEBRUARY 11: . Manuel Neuer of FC Bayern Muenchen lifts the FIFA Club World Cup Qatar 2020 trophy after the finale FIFA Club World Cup Qatar 2020 match between FC Bayern Muenchen and Tigres UANL on February 11, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Gaston Szerman/DeFodi Images/Getty Images)
Pemain Bayern mengangkat trofi juara Piala Dunia Antarklub. (Foto: Gaston Szerman/DeFodi Images/Getty Images)
Al Rayyan -

Keberhasilan Bayern Munich di Piala Dunia Antarklub memastikannya menyamai rekor Barcelona. Die Roten menjadi tim kedua yang mampu menyabet sextuple.

Bayern baru memastikan gelar keenamnya dini hari tadi. Anak asuh Hans-Dieter Flick meraihnya di ajang Piala Dunia Antarklub.

Menghadapi Tigres UNAL di final yang berlangsung di Education City Stadium, Qatar, Jumat (12/2/2021) dini hari WIB, Bayern menang 1-0. Gol tunggal dicetak Benjamin Pavard di babak kedua.

Gol itu sudah cukup memastikan kemenangan Bayern. Raksasa Bundesliga itu pun menyabet trofi keenamnya dalam kurun 12 bulan terakhir.

Setelah musim lalu menyabet gelar juara Liga Jerman, DFB Pokal, Liga Champions, Piala Super Jerman, dan Piala Super Eropa, Bayern menggenapinya dengan gelar Piala Dunia Antarklub. Robert Lewandowski dkk pun menyamai torehan Barcelona.

Pada 2009, Barcelona menjadi tim pertama yang bisa merebut enam gelar dalam setahun. Ditangani Pep Guardiola ketika itu, Lionel Messi dkk bisa menjadi juara LaLiga, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan terakhir Piala Dunia Antarklub.

Kini, Bayern menjadi tim kedua yang bisa meraih trofi sebanyak itu dalam setahun. Flick pun bangga betul dengan kinerja anak asuhnya.

"Selamat untuk tim saya. Mereka telah menyelesaikan prestasi bersejarah, mereka telah memenangkan enam gelar dalam satu musim. Bahkan untuk klub sukses yaitu FC Bayern M√ľnchen, ini adalah musim yang paling sukses," kata Flick di situs resmi turnamen.

"Tim bermain dengan luar biasa. Kemenangannya tidak pernah terancam, kami mendominasi. dan pantas memenangkan final."

"Tapi itu juga sangat sulit bagi saya, kami semua berada pada batasnya. Hal yang sama berlaku untuk saya di touchline. Pertandingan melawan Tigres berada di level yang serius, meski kami mendominasi. Mereka pantas berada di final ini," ujar Flick, usai Bayern Munich menyamai rekor Barcelona dengan merebut Sextuple.

(yna/pur)