Barcelona Vs Bayern Munich, Siapa Lebih Hebat Raih Sextuple?

Yanu Arifin - Sepakbola
Sabtu, 13 Feb 2021 06:20 WIB
DOHA, QATAR - FEBRUARY 11: . Manuel Neuer of FC Bayern Muenchen lifts the FIFA Club World Cup Qatar 2020 trophy after the finale FIFA Club World Cup Qatar 2020 match between FC Bayern Muenchen and Tigres UANL on February 11, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Gaston Szerman/DeFodi Images/Getty Images)
Pemain Bayern Munich mengangkat trofi juara Piala Dunia Antarklub 2020. (Foto: Gaston Szerman/DeFodi Images/Getty Images)
Jakarta -

Barcelona dan Bayern Munich menjadi dua tim yang mampu meraih sextuple alias 6 gelar dalam setahun. Jika dibandingkan, siapa yang lebih oke?

Bayern baru memastikan gelar keenamnya pada Jumat (12/2/2021) dini hari. Anak asuh Hans-Dieter Flick meraihnya di ajang Piala Dunia Antarklub.

Menghadapi Tigres UNAL di final yang berlangsung di Education City Stadium, Qatar, Jumat (12/2/2021) dini hari WIB, Bayern menang 1-0. Gol tunggal dicetak Benjamin Pavard di babak kedua.

Gol itu sudah cukup memastikan kemenangan Bayern. Raksasa Bundesliga itu pun menyabet trofi keenamnya dalam kurun 12 bulan terakhir.

Setelah musim lalu menyabet gelar juara Liga Jerman, DFB Pokal, Liga Champions, Piala Super Jerman, dan Piala Super Eropa, Bayern menggenapinya dengan gelar Piala Dunia Antarklub. Robert Lewandowski dkk pun menyamai torehan Barcelona.

BARCELONA, SPAIN - DECEMBER 21: (L-R) Sergio Busquets, Gaby Milito, Xavi Torres, Carles Puyol, Carles Naval, Seydou Keita, Jose Manuel Pinto, Lionel Messi, Aureli Altimira, Gerard Pique and Eric Abidal pose with the six trophies won by FC Barcelona in 2009 before the La Liga match between FC Barcelona and Deportivo Alaves at Camp Nou on December 21, 2019 in Barcelona, Spain. (Photo by Alex Caparros/Getty Images)Pemain Barcelona memamerkan enam trofi sextuple-nya dalam setahun. (Foto: Alex Caparros/Getty Images)

Pada 2009, Barcelona menjadi tim pertama yang bisa merebut enam gelar dalam setahun. Ditangani Pep Guardiola ketika itu, Lionel Messi dkk bisa menjadi juara LaLiga, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan terakhir Piala Dunia Antarklub.

Sama-sama meraih enam gelar dalam setahun, menarik jika membandingkan capaian keduanya saat meraih deretan trofinya. Berikut datanya seperti dilansir Marca.

LaLiga vs Bundesliga

Barcelona, ketika menjuarai LaLiga 2008/2009, mencatat 27 kemenangan, 6 imbang, dan hanya lima kali kalah, dengan total raihan 87 poin. Lionel Messi dkk juga membuat 105 gol dan kebobolan 35 kali.

Sementara Bayern Munich, juara Bundesliga 2019/2020 dengan meraih 26 kemenangan, imbang 4 kali dan kalah 4 kali, dan total 32 poin. Die Roten membuat 100 gol sepanjang kompetisi, dan kebobolan 32 kali.

Copa del Rey vs DFB Pokal

Ketika Barcelona juara Copa del Rey, pasukan Pep Guardiola memenangkan 7 pertandingan dan imbang dua kali. Barcelona membuat 15 gol dan kebobolan 8 kali untuk merengkuh titel.
Adapun Bayern Munich menyapu bersih enam kemenangan, di mana semuanya cuma bersifat satu leg. Bavaria juga membuat 16 gol dan kebobolan delapan kali.

Liga Champions

Ketika menjadi juara Liga Champions 2008/2009, Barcelona justru memulainya dari babak kualifikasi, dan menang 4-1 secara agregat.

Di fase grup, Barcelona menang lima kali dan kalah sekali. Di babak knock out, Barcelona juga tak bisa menyapu bersih tiap leg dengan kemenangan, sebelum mengalahkan Manchester United di final 2-0.

Adapun Bayern lebih perkasa. Raksasa Jerman itu menyapu bersih 11 kemenangan, di mana sejak perempatfinal hingga semifinal pertandingan cuma bersifat satu leg karena pandemi corona.

Piala Super Spanyol vs Piala Super Jerman

Di ajang Piala Super, Barcelona ketika itu meraihnya dengan mengalahkan Athletic Bilbao 5-1. Sementara Bayern merengkuh titel keempatnya dengan mengalahkan Borussia Dortmund 3-2.

Piala Super Eropa

Di ajang Piala Super Eropa, Barcelona memenangkannya dengan mengalahkan Shaktar Donetsk 1-0. Adapun Bayern Munich juga cuma menang tipis atas Sevilla 2-1.

Baik Barcelona dan Bayern sama-sama memenangkan laganya lewat duel yang berlanjut babak tambahan.

Piala Dunia Antarklub

Di final, Barcelona susah payah mengalahkan Estudiantes untuk merengkuh titel keenamnya. Gol kemenangannya dicetak Lionel Messi di babak tambahan.

Setali tiga uang dengan Bayern Munich. Robert Lewandowski dkk mengemas kemenangan tipis atas Tigres UNAL. Gol tunggal Benjamin Pavard menjadi penentu kemenangan Bayern.

Statistik Akhir

Secara keseluruhan, Barcelona era Guardiola menyabet sextuple dengan meraih 46 kemenangan, 13 imbang, dan enam kekalahan, serta membuat 163 gol dan kebobolan 59 kali.

Adapun Bayern memenangkan 47 laga, menelan empat kali imbang dan empat kekalahan, dari jumlah laga yang lebih sedikit dari Barcelona. Adapun 167 gol dicetak, dan kebobolan 51 kali. Dari hitungan rata-ratanya, Bayern Munich bikin gol lebih banyak, tapi Barcelona lebih sedikit kebobolan.

Saksikan juga 'Messi Datang, Barcelona Menang':

[Gambas:Video 20detik]



(yna/ran)