Southgate Dukung Inggris Jadi Tuan Rumah Tunggal Euro 2020

Bayu Baskoro - Sepakbola
Selasa, 02 Mar 2021 22:45 WIB
Soccer Football - England Training - St. Georges Park, Burton upon Trent, Britain - September 9, 2018   England manager Gareth Southgate during training   Action Images via Reuters/Carl Recine
Gareth Southgate mendukung gagasan Inggris tuan rumah tunggal Euro 2020. (Foto: Reuters)
London -

Inggris diusulkan menjadi tuan rumah tunggal Piala Eropa 2020. Manajer The Three Lions, Gareth Southgate, mendukung gagasan tersebut.

Euro 2020 sejatinya digelar pada 12 Juni hingga 12 Juli tahun lalu. Namun, perhelatan tersebut diundur menjadi 11 Juni-11 Juli 2021 akibat wabah virus Corona.

Format yang digunakan pun rencananya masih sama, yakni digelar di 12 kota berbeda. Kendati demikian, ada kekhawatiran Piala Eropa 2020 bakal tertunda lagi lantaran pandemi COVID-19 belum berhenti di Benua Biru.

Kekhawatiran tersebut semakin meningkat setelah beberapa negara sudah memberlakukan lockdown, hingga melarang adanya penerbangan dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Negara-negara tuan rumah Euro 2020 semisal Jerman, Spanyol, Belanda, Denmark, dan Belgia masih menutup kedatangan pengunjung dari Inggris.

Oleh sebab itu, Pemerintah Inggris berinisiatif untuk meminta UEFA menggelar seluruh pertandingan dari fase grup hingga final Piala Eropa 2020 di negaranya. Inisiatif itu disampaikan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson.

"Kami akan tetap menggelar Piala Eropa, kami jadi tuan rumah semifinal dan final. Jika mereka [UEFA] ingin kami menggelar pertandingan lainnya, maka kami sudah siap. Namun, semua keputusan ada di tangan UEFA," kata Johnson, dilansir dari Daily Mail.

Gagasan menjadikan Inggris sebagai tuan rumah tunggal Euro 2020 disambut positif oleh Gareth Southgate. Dia mengaku senang apabila timnya dapat bermain di Stadion Wembley sejak fase grup.

"Tentu saja kami akan memiliki laga-laga grup di Wembley, sehingga kami bakal menantikannya. Kami berharap bisa melaju terus, serta beberapa fans diperbolehkan datang ke stadion," kata Southgate kepada talkSPORT, seperti dikutip dari Daily Mail.

"Itu akan menjadi langkah pertama, tapi segalanya belum direncanakan. Jelas saat ini kami diberitahu kalau turnamen tetap memakai format yang sekarang," dia menambahkan.

"Coba anda bayangkan apabila ada opsi satu negara menjadi tuan rumah tunggal, kami akan diperlakukan dengan baik bersama beberapa negara lainnya," demikian kata Gareth Southgate soal ide Inggris menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020.



Simak Video "Belgia Kandaskan Perlawanan Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/mrp)