Studi Terbaru, Rashford dan Haaland Jadi Pemain Termahal Saat Ini

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 23 Mar 2021 22:00 WIB
Dortmunds Erling Haaland celebrates after scoring his sides first goal during the Champions League, round of 16, second leg soccer match between Borussia Dortmund and Sevilla FC in Dortmund, Germany, Tuesday, March 9, 2021. (Bernd Thissen/Pool via AP)
Studi menyebut Haaland menjadi pemain dengan nilai termahal saat ini. Foto: AP/Bernd Thissen
Jakarta -

Lembaga penelitian International Centre for Sports Studies (CIES) merilis daftar valuasi terbaru harga para pemain top di lima liga terbesar Eropa. Hasilnya, Marcus Rashford dan Erling Haaland berada di urutan teratas.

Laporan ini baru terbit pada Senin (22/3/2021) lalu. Dalam pernyataan di situs resminya, CIES menyebut daftar ini dibuat berdasarkan perhitungan algoritma berbasis sains yang telah mereka kembangkan.

Tak hanya nilai jual sang pemain, CIES juga menghitung persentase nilai aset si pemain dalam tim yang ia bela saat ini. Dari situ, terlihat betapa berharganya sang pemain bagi klub tersebut.

SOUTHAMPTON, ENGLAND - NOVEMBER 29: Marcus Rashford of Manchester United looks on during the Premier League match between Southampton and Manchester United at St Mary's Stadium on November 29, 2020 in Southampton, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Mike Hewitt/Getty Images)Rashford berada di urutan teratas daftar CIES sebagai pesepakbola termahal dunia. Foto: (Getty Images)

Ada 13 pemain yang bernilai di atas 100 juta Euro. Tak disebutkan adanya batas usia pemain yang dinilai dalam studi ini, namun nyaris semuanya berusia tak lebih dari 25 tahun, kecuali Harry Kane (27 tahun).

Kemungkinan, CIES juga mempertimbangkan durasi masa edar sang pemain dalam melakukan perhitungan. Dengan begitu, para pemain bintang yang masih belia atau di usia emas bisa memiliki kans untuk bernilai lebih besar.

Jika benar, hal itu bisa sedikit menjelaskan mengapa tak ada nama-nama bintang seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, atau Neymar di daftar ini.

Rashford berada di urutan teratas dengan valuasi 150-200 juta Euro. Nilai asetnya mencapai 14,8 persen dari total seluruh skuad Manchester United.

Haaland berada di posisi kedua. Valuasinya sama dengan Rashford, namun nilai asetnya mencapai 21,5 persen dari total nilai seluruh skuad Dortmund. Dari sini, bisa disimpulkan bahwa MU punya nilai skuad lebih besar dari Dortmund.

Joao Felix (Atletico Madrid) berada di urutan ketiga dengan valuasi 120-150 juta Euro. Phil Foden (Manchester City), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), dan Bukayo Saka (Arsenal) berada di urutan berikutnya dengan valuasi yang sama dengan Joao Felix, namun memiliki nilai aset yang berbeda-beda.

Berikut daftar 13 pemain bernilai di atas 100 juta Euro berdasarkan Studi terbaru CIES:

Daftar pemain termahal Eropa saat iniDaftar pemain termahal di dunia saat ini berdasarkan studi terbaru CIES. Foto: CIES

Daftar lengkapnya bisa dilihat di link berikut ini.

(adp/aff)