Turki Memang Lagi Hot, Wajar Belanda Kalah

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 25 Mar 2021 10:45 WIB
Turkeys Hakan Calhanoglu celebrates with his teammates after scoring his sides third goal during the World Cup 2022 group G qualifying soccer match between Turkey and Netherlands at the Ataturk Olimpiyat Stadium in Istanbul, Turkey, Wednesday, March 24, 2021. (Murad Sezer/Pool Photo via AP)
Turki memang lagi hot, wajar kalau Belanda kalah (AP/Murad Sezer)
Istanbul -

Kemenangan Turki atas Belanda tidaklah mengejutkan. Sebab Ay-Yildizlilar memang lagi panas penampilannya dan sulit dikalahkan.

Turki menjamu Belanda di Attaturk Olympic Stadium, Kamis (25/3/2021) dini hari WIB. Turki bermain agresif sejak menit awal dan tak memberikan Belanda kesempatan mengembangkan permainan.

Hasilnya Turki sudah unggul 2-0 di 45 menit pertama lewat sepasang gol Burak Yilmaz, salah satunya dari titik putih. Pada awal babak kedua, Turki bahkan sudah menambah gol lewat tembakan jarak jauh Hakan Calhanoglu.

Turki setelah itu relatif nyaman menguasai pertandingan dan menekan Belanda. Tapi, tuan rumah sempat ketar-ketir saat Belanda memangkas skor jadi 2-3 dalam tempo semenit, berkat gol-gol Davy Klaesen serta Luuk de Jong.

Namun, free kick Yilmaz di menit ke-81 memastikan kemenangan 4-2 untuk Turki sekaligus hat-trick kapten tim. Turki nyaris bobol andaikan kiper Ugurcan Cakir tak menepis penalti Memphis Depay di menit akhir injury time.

Turki bisa tersenyum lebar karena mampu mengawali Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan mulus. Ini juga memperpanjang catatan apik Turki di kandang, yakni sekali kalah dari 13 pertandingan.

Sementara Belanda malah sudah kalah tiga kali dari delapan pertandingan terbarunya di kualifikasi Piala Dunia.

Jika diperlebar, maka Turki juga cuma kalah dua kali dari sembilan pertandingan terakhirnya. Dua kekalahan itu didapat dari Hongaria di UEFA Nations League. Meski sebenarnya Turki lebih banyak serinya yakni lima kali.

Tapi, setidaknya kemenangan ini meningkatkan kepercayaan diri pemain Turki untuk bisa merebut tiket lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan.

"Kami ingin memenangi seluruh pertandingan. Sebelum laga ini, kami bicara dengan para pemain kami dan bilang bahwa kami harus tampil sebaik mungkin, tidak boleh tidak. Saya ingin menyelamati para pemain, hasrat mereka begitu luar biasa," ujar pelatih Turki Senol Gunes di situs resmi UEFA.

Turki selanjutnya akan menghadapi Norwegia pada 27 Maret dan Latvia 30 Maret.

Simak juga video 'Turki Kalahkan Belanda 4-2 di Kualifikasi Piala Dunia 2022':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/ran)