Jordan Henderson Bisa Saja Absen di Piala Eropa 2020

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 27 Mar 2021 10:00 WIB
BURTON-UPON-TRENT, ENGLAND - NOVEMBER 13: Jordan Henderson trains during and England Media Access Day at St Georges Park on November 13, 2019 in Burton-upon-Trent, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Jordan Henderson bisa saja absen di Piala Eropa 2020 (Getty Images/Michael Regan)
London -

Jordan Henderson berpacu dengan waktu untuk pulih tepat waktu dan tampil di Piala Eropa 2020. Namun, ada kemungkinan Henderson akan absen di turnamen itu.

Henderson mengalami cedera hamstring saat membela Liverpool menghadapi Everton 20 Februari lalu. Kapten The Reds itu harus naik meja operasi untuk memulihkan cederanya tersebut.

Dari diagnosa awal, Henderson diperkirakan akan absen sekitar 5-6 pekan. Itu artinya Henderson masih bisa tampil sebelum musim 2020/2021 selesai dan akan fit untuk main di Piala Eropa.

Meski demikian, pelatih Gareth Southgate yang menanganinya di Timnas Inggris, tak mau berjudi. Melihat riwayat cedera Henderson dan ada kans Liverpool menjaga pemainnya tersebut, maka Southgate sudah siap jika tak bisa membawanya ke turnamen.

Untuk saat ini fokus Southgate adalah memaksimalkan pemain yang ada untuk bisa membawa Inggris meraih hasil apik di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Jika memang Henderson sudah pulih sepenuhnya, maka dia akan masuk skuat The Three Lions.

Jika tidak, maka Henderson akan ditepikan dan gelandang-gelandang muda lain siap menggantikannya.

"Soal peluang main, kami cuma bisa bilang kalau Hendo sih sangat optimistis karena operasinya berjalan lancar dan juga hasil diagnosa yang diberikan oleh dokter spesialis yang menanginya. Kami sangat hati-hati dengan cedera seperti itu, sebab ada panduan dan juga waktu pemulihannya - tapi apapun bisa terjadi dalam prosesnya nanti," ujar Southgate seperti dikutip Guardian.

"Kami tahu akhir musim akan tiba dan kita lihat seperti apa hasilnya nanti. Dia tentu akan berupaya semaksimal mungkin agar bisa main. Dan tentu saja kami tahu dia pasti kehilangan banyak menit bermain di laga-laga level tinggi. Banyak hal akan dipertimbangkan, tapi untuk saat ini belum ada keputusan sama sekali," sambungnya.

(mrp/raw)