Mancini Minta Jumlah Pemain di Skuad Piala Eropa Ditambah karena...

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 30 Mar 2021 13:50 WIB
Italys coach Roberto Mancini waves prior to the Euro 2020 1st round Group J qualifying football match Italy v Armenia on November 18, 2019 at the Renzo-Barbera stadium in Palermo. (Photo by Andreas SOLARO / AFP)
Roberto Mancini minta jumlah pemain di skuad Piala Eropa 2020 ditambah (Foto: AFP/ANDREAS SOLARO)
Roma -

Pelatih Italia Roberto Mancini berharap UEFA menambah jumlah skuad di Piala Eropa 2020. Ini demi mengantisipasi jika ada pemain yang positif COVID-19.

Piala Eropa 2020 bakal digelar 11 Juni - 11 Juli mendatang di 12 kota tuan rumah di 12 negara yang berbeda. Ajang ini mundur satu tahun dari jadwal yang direncanakan akibat pandemi COVID-19.

Ancaman COVID-19 sebenarnya belum sepenuhnya hilang dalam penyelenggaraan Piala Eropa 2020 nanti. Hal ini membuat pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, berharap UEFA membuat kebijakan baru terkait jumlah pemain dalam skuad tim di Piala Eropa 2020.

Mancini meminta penambahan jumlah pemain yang boleh didaftarkan hingga 26 pemain dari jumlah 23 pemain yang diperbolehkan saat ini. Keinginan Mancini tersebut untuk mengantisipasi jika ada pemain yang positif menjelang atau saat Piala Eropa 2020.

"Ini bisa menjadi gagasan yang bagus untuk menambah jumlah pemain menjadi 25 atau 26. Saat ini adalah musim yang sulit dan Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi," ujar Mancini kepada Rai Sport dikutip dari Football Italia.

"Bagaimana jika seseorang dinyatakan positif COVID? Akan sulit untuk mendatangkan pemain lain karena semuanya sedang liburan. Jika UEFA membuat keputusan seperti itu, saya akan mendukungnya," tegasnya.

Mancini memang kerap kali dipusingkan oleh pandemi COVID-19 saat mempersiapkan timnya menjelang pertandingan. Teranyar, ia sempat terancam kehilangan Alessandro Bastoni, Nicolo Barella, dan Stefano Sensi di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pasalnya, klub ketiga pemain tersebut yaitu Inter Milan dilanda badai COVID-19. Meski kemudian, Bastoni, Barella dan Sensi tetap bisa bermain bersama Gli Azzurri setelah tes Swab ketiganya dinyatakan negatif COVID-19.

Mancini jelas belajar dari pengalaman ini sehingga berharap UEFA menambah jumlah pemain di skuad Piala Eropa 2020 mendatang. Di ajang ini, Italia yang bertindak sebagai tuan rumah di Grup A bakal bersaing dengan Wales, Swiss dan Turki untuk berebut tiket ke fase knockout dari grup ini.

(pur/krs)