Bangganya Makedonia Utara

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 01 Apr 2021 09:40 WIB
DUISBURG, GERMANY - MARCH 31: Timo Werner of Germany reacts after the FIFA World Cup 2022 Qatar qualifying match between Germany and North Macedonia at Schauinsland-Reisen-Arena on March 31, 2021 in Duisburg, Germany. Sporting stadiums around Germany remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Thilo Schmuelgen - Pool/Getty Images)
Pemain Timnas Makedonia Utara merayakan kemenangan 2-1 atas Timnas Jerman di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Kamis (1/4/2021) dini hari WIB. (Foto: Thilo Schmuelgen - Pool/Getty Im/Pool)
Duisburg -

Kemenangan membanggakan diraih Timnas Makedonia Utara di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Bagaimana tidak, raksasa seperti Timnas Jerman bisa dibungkam 2-1.

Misi mustahil diemban Makedonia Utara ketika harus melawat ke Schauinsland-Reisen Arena, Duisburg, Jerman, Kamis (1/4/2021) dini hari WIB. Dalam lanjutan Grup J Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, mereka harus melawan Jerman, juara Piala Dunia 2014.

Jerman sendiri bukan hanya unggul materi pemain. Anak asuh Joachim Loew itu punya catatan apik di Kualifikasi Piala Dunia.

Sepanjang sejarah keikutsertannya di Kualifikasi Piala Dunia, Jerman baru sekali kalah, yakni di Kualifikasi Piala Dunia 1986. Ketika itu, Jerman, yang masih bernama Jerman Barat, takluk dari Portugal dengan skor 1-2 di Lisbon, 24 Februari 1985.

Kekalahan keduanya ditelan pada 2001. Jerman sempat dibungkam Inggris 5-1 di Kualifikasi Piala Dunia 2002 pada 1 September 2001.

Setelahnya, Jerman tak lagi terkalahkan di pertandingan kualifikasi selanjutnya. Sejak 2001, Jerman tak terkalahkan di 35 pertandingan Kualifikasi selanjutnya, dengan rincian mengemas 30 kemenangan dan lima kali imbang.

Rekor itu kemudian patah di tangan Timnas Makedonia Utara. Di Duisburg, Timnas Jerman menelan kekalahan ketiganya di kualifikasi Piala Dunia sepanjang sejarahnya, yakni tunduk dengan skor 1-2.

Jerman bahkan kebobolan lebih dulu di pertandingan itu, Di masa injury time babak pertama, gawang Marc-Andre Ter Stegen dibobol Goran Pandev.

Jerman baru membalas di babak kedua. Itu pun lewat penalti Ilkay Guendogan, setelah Leroy Sane dilanggar Egzijan Alioski.

Namun, Makedonia Utara bisa kembali unggul di menit ke-85. Eljif Elmas bisa memaksa Ter Stegen memungut bola untuk kedua kali dari sarangnya. Makedonia Utara menang 2-1.

"Para pemain ini telah membuat Makedonia Utara bangga melawan pemenang empat gelar Piala Dunia dan tiga kejuaraan Eropa," kata pelatih Makedonia Utara Igor Angelovski, dilansir BBC.

"Kami tidak pernah mengalahkan tim yang punya begitu banyak gelar. Sekarang, kami harus beristirahat karena apa yang telah kami capai masih belum tertanam," lanjut Igor.

Kekalahan membuat Timnas Jerman melorot ke peringkat ketiga klasemen Grup J Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, usai mengumpulkan enam poin dari tiga laga. Timnas Makedonia Utara naik ke posisi kedua dengan enam poin namun unggul selisih gol dari Jerman, di bawah Timnas Armenia yang mengoleksi sembilan poin di posisi pertama.

(yna/mrp)