Dikalahkan Makedonia Utara, Pemain Jerman 'Masuk Gua' Saja

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 02 Apr 2021 07:30 WIB
Germanys Antonio Ruediger stands on the pitch disappointed after losing the World Cup 2022 group J qualifying soccer match between Germany and North Macedonia in Duisburg, Germany, Wednesday, March 31, 2021. (AP Photo/Martin Meissner)
Timnas Jerman lebih baik masuk gua ketimbang berkeliaran. (AP/Martin Meissner)
New York -

Para pemain Timnas Jerman disarankan untuk bersembunyi dulu saja. Sebab, kekalahan dari Makedonia Utara begitu memalukan untuk Die Mannschaft.

Jerman menjamu Makedonia Utara di Schauinsland-Reisen Arena, Kamis (1/4/2021) dinihari WIB, Meski Jerman melakukan pergantian beberapa pemain, jelas kualitasnya jauh di atas lawannya itu.

Tapi, Makedonia Utara justru mengejutkan dan mampu merepotkan Jerman. Goran Pandev bahkan membawa Makedonia Utara unggul duluan di akhir babak pertama.

Sempat disamakan penalti Ilkay Guendogan, Jerman akhirnya kalah dengan skor 1-2 lewat gol Eljif Elmas di menit ke-82. Hasil ini terbilang sangat memalukan.

Sebab Jerman sebelumnya tidak pernah kalah di Kualifikasi Piala Dunia sejak dibekuk 1-5 oleh Timnas Inggris tahun 2011. Setelah itu Jerman melewati 35 pertandingan tanpa kekalahan, rinciannya 31 kemenangan dan empat imbang.

Dengan hasil mengenaskan tersebut, para pemain Jerman yang tampil di laga tersebut harusnya malu dan tidak akan berani berkeliaran di depan umum, sebelum tim bisa tampil lebih oke.

"Mereka tentu akan mengejek para pemain di luar lapangan, sudah pasti. Untuk tim besar seperti Jerman, Italia, Inggris, atau Spanyol, orang-orang pasti akan mencecar Anda terus ketika hal tersebut terjadi," ujar mantan pelatih Timnas Jerman di Piala Dunia 2006, Juergen Klinsmann, kepada ESPN.

"Ayo taruhan. Tidak akan ada pemain di Jerman yang berani pergi ke tukang daging atau roti karena mereka akan mendengar kekalahan itu terus dibahas. Jadi lebih baik di rumah saja untuk beberapa hari, sebelum Anda pergi," sambungnya.

Kekalahan itu membuat Timnas Jerman melorot ke peringkat ketiga klasemen Grup J Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, usai mengumpulkan enam poin dari tiga laga. Timnas Makedonia Utara unggul selisih gol di posisi kedua meski total poin sama.

(mrp/ran)