Eks Winger MU Antonio Valencia Pensiun

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 13 Mei 2021 07:30 WIB
LONDON, ENGLAND - APRIL 21: Luis Antonio Valencia of Manchester United takes a throw in during The Emirates FA Cup Semi Final between Manchester United and Tottenham Hotspur at Wembley Stadium on April 21, 2018 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Antonio Valencia gantung sepatu (Getty Images/Catherine Ivill)
Quito -

Antonio Valencia tak lagi sanggup untuk berkarier di lapangan hijau. Oleh karenanya, mantan pemain Manchester United itu pensiun.

Keputusan itu diumumkan Valencia lewat unggahan di akun instagramnya, Kamis (13/5/2021) dini hari WIB. Valencia resmi mengakhiri 18 tahun perjalanannya sebagai pesepakbola.

Dia mengaku kaget harus secepat ini mengakhiri kariernya. Tapi, badai cedera yang kerap menghampirinya dalam beberapa tahun terakhir membuat Valencia harus gantung sepatu.

[Gambas:Instagram]



"Saat masih berumur 14 tahun, saya meninggalkan keluarga, kampung halaman, dan tim pertama saya Caribe Junior untuk pindah ke Quito. Perjalanan penuh nostalgia yang dipenuhi banyak mimpi serta harapan," ujar Valencia.

Valencia memulai kariernya bersama klub lokal Ekuador El Nacional pada 2003. Dua tahun di sana, Valencia pindah ke Villarreal di Liga Spanyol yang merupakan klub Eropa pertamanya.

Sempat dipinjamkan ke Huelva dan Wigan Athletic, Valencia dipermanenkan The Latics pada 2007/2008. Tiga musim memperkuat Wigan dengan 89 laga dan tujuh gol, Valencia dibeli Manchester United pada 2009.

Di klub itulah, Valencia menaikkan namanya dan jadi salah satu andalan MU karena kebisaannya bermain sebagai bek atau winger kanan. Selama 10 tahun di sana, Valencia tampil 339 kali dan membuat 25 gol.

Valencia sempat menjadi kapten tim pada 2018/2019 setelah Michael Carrick pensiun. Pria 36 tahun itu turut menyumbangkan dua gelar Premier League, satu Piala FA, dua Piala Liga Inggris, dan satu Liga Europa.

Setelah kontraknya habis di MU, Valencia pulang kampung untuk memperkuat LDU Quito pada 2019 dan cuma tampil 32 kali karena banyak dirundung cedera.

Valencia terakhir bermain untuk klub Liga Meksiko Queretaro FC di 2021 dengan 15 penampilan.

"Jika saya telah mengecewakan selama berkarier, saya minta maaf. Saya selalu mencoba memberikan yang terbaik. Untuk timnas dan klubku; terima kasih untuk semuanya," tutup pengoleksi 99 caps dan 11 gol di Timnas Ekuador tersebut.

(mrp/ran)