Timnas Spanyol di Piala Eropa Tanpa Pemain Madrid, Ini Kata Enrique

ADVERTISEMENT

Timnas Spanyol di Piala Eropa Tanpa Pemain Madrid, Ini Kata Enrique

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Selasa, 25 Mei 2021 12:30 WIB
STUTTGART, GERMANY - SEPTEMBER 02: Luis Enrique Head Coach of Spain speaks to his team during a training session at Robert-Schlienz-Stadion on September 02, 2020 in Stuttgart, Germany. Spain will face Germany in their UEFA Nations League group stage match on September 3, 2020. (Photo by Matthias Hangst/Getty Images)
Pelatih tim nasional Spanyol Luis Enrique memberi penjelasan tentang tidak adanya pemain Real Madrid di skuad Piala Eropa 2020 (Foto: Getty Images/Matthias Hangst)
Jakarta -

Luis Enrique tidak menyertakan satu pun pemain Real Madrid di skuad tim nasional Spanyol ke Piala Eropa 2020. Begini penjelasan Enrique.

Enrique mengumumkan skuad timnas Spanyol untuk Piala Eropa 2020 pada Senin (24/5/2021) kemarin. Salah satu keputusan yang menghebohkan publik adalah dicoretnya Sergio Ramos dari timnas.

Enrique beralasan Ramos tidak dalam kondisi yang fit untuk berkompetisi di Piala Eropa 2020. Bek berusia 35 tahun itu memang banyak diganggu cedera di sepanjang musim 2020/2021 dan cuma tampil 21 kali di semua kompetisi bersama Real Madrid.

Dengan dicoretnya Ramos, maka tidak ada pemain Madrid di skuad timnas Spanyol kali ini. Ini jadi pertama kalinya dalam sejarah tak ada pemain madrid di skuad Spanyol untuk Piala Eropa.

Setidaknya ada tujuh pemain timnas Spanyol yang memperkuat Real Madrid. Selain Sergio Ramos, mereka adalah Nacho Fernandez, Alvaro Odriozola, Dani Carvajal, Marco Asensio, Lucas Vazquez, dan Isco.

Soal tidak adanya pemain Madrid di timnas Spanyol kali ini, Enrique menyebut kebugaran sebagai alasan utama. Dani Carvajal, misalnya, hanya main 15 kali untuk Los Blancos pada musim 2020/2021 karena lebih sering cedera.

"Mungkin kalau Carvajal dan Ramos main lebih sering, mereka mungkin akan ada di daftar skuad," ujar Enrique seperti dilansir AS.

"Saya memahami kalau setiap klub ingin para pemainnya dipanggil, tapi kadang mereka meminta agar pemainnya tidak pergi karena menggangu kalender mereka. Mereka tidak gabung kalau mereka cedera," kata mantan pelatih Barcelona itu.

Di Piala Eropa 2020, Spanyol tergabung di Grup E bersama Swedia, Polandia, dan Slovakia. La Furia Roja akan memainkan laga fase grup di La Cartuja, Sevilla.

(nds/cas)

ADVERTISEMENT