Sergio Busquets Positif Corona, Timnas Portugal Ikut Tertular?

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 08 Jun 2021 15:50 WIB
Cristiano Ronaldo, Sergio Busquets. 4 Juni 2021.
Busquets dan Ronaldo berinteraksi sebelum laga Spanyol vs Portugal. Foto: Twitter @rafallano
Jakarta -

Sempat ada kekhawatiran terhadap anggota Timnas Portugal usai gelandang Spanyol Sergio Busquets dinyatakan positif COVID-19. Namun hasil tes terkini menyatakan tak ada penggawa Selecao das Quinas yang tertular.

Portugal sebelumnya menjalani ujicoba menghadapi Spanyol pada 4 Juni lalu. Dua hari kemudian, seluruh pemain La Furia Roja menjalani tes PCR rutin, dan Busquets menjadi satu-satunya yang hasilnya reaktif.

Kabar Sergio Busquets yang positif COVID-19 itu tak cuma membuat Spanyol panik. Portugal yang baru saja bertanding dengan mereka ikutan ketar-ketir. Busquets diketahui bermain sekitar satu jam di laga tersebut. Ia juga berinteraksi dengan Cristiano Ronaldo selaku kapten kedua tim.

Namun kini Portugal boleh bernapas lega. Lewat pengumuman di situs resmi Federasi Sepkbola Portugal (FPF), semua pemain yang berjumlah 26 orang dinyatakan negatif COVID-19 dalam tes PCR yang digelar pada Senin (7/6/2021) lalu.

"Hal itu sungguh mengkhawatirkan, karena ketika kita berinteraksi dengan orang yang terinfeksi, kita selalu berpikir yang terburuk," kata Joao Cancelo dalam jumpa pers Senin, dikutip Marca.

"Ini seperti lotere, virus ini tak bisa dijelaskan, karena siapapun bisa kena," sambung pemain Manchester City itu.

Setelah dinyatakan negatif, kini Portugal bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi Israel dalam laga uji coba terakhir jelang Piala Eropa 2020 di Lisbon, Rabu (9/6) besok.

Sebagian besar skuad Portugal juga sudah menjalani vaksinasi. Hanya beberapa pemain saja yang belum, mengingat mereka masih belum melewati masa enam bulan sejak terakhir terinfeksi COVID-19. Meski begitu, tak disebut siapa saja yang sudah menerima vaksin.

Sementara itu, Busquets masih menjalani isolasi, namun Spanyol sudah memanggil lima pemain yang menjadi kandidat penggantinya andai pemain Barcelona itu betul-betul tak bisa tampil di Piala Eropa 2020, yakni Raul Albiol, Rodrigo Moreno, Pablo Fornals, Carlos Soler, dan Brais Mendez.

(adp/krs)