Euro 2020: Krisis Covid-19, Skuad Spanyol Divaksinasi Tentara

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 10 Jun 2021 04:45 WIB
MADRID, SPAIN - JUNE 04: Spain players wearing 2030 World Cup t shirts ahead of the international friendly match between Spain and Portugal at Estadio Wanda Metropolitano on June 04, 2021 in MADRID, Spain. Spain and Portugal. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Timnas Spanyol bakal dapat vaksinasi darurat jelang Euro 2020 (Getty Images/David Ramos)
Madrid -

Timnas Spanyol harus divaksinasi mendadak karena mencuatnya kasus Covid-19. Skuat La Furia Roja akan divaksinasi oleh tentara.

Spanyol dilanda kegelisahan jelang laga pembuka Euro 2020 kontra Swedia 15 Juli mendatang. Sebab, ada dua anggota timnya yang terpapar virus corona dalam waktu berdekatan.

Pertama adalah kapten tim Sergio Busquets yang dinyatakan positif hari Minggu lalu, usai pertandingan kontra Portugal. Dia langsung diisolasi dan tim pun menjalani protokol serupa meski hasil tesnya negatif.

Nah, dua hari berselang, Diego Llorente giliran yang dinyatakan positif terpapar virus corona. Dua pemain positif corona membuat Spanyol dalam kesulitan sehingga harus menurunkan tim U-21 saat menghadapi Lichtenstein di laga uji coba terakhir kemarin.

Padahal para pemain U-21 sedang berlibur usai tersingkir di semifinal Piala Eropa pekan lalu. Sementara, pelatih Luis Enrique malah memanggil lima pemain tambahan untuk jaga-jaga andaikan ada lagi pemain Spanyol yang terpapar virus corona.

Dengan jarak lima hari menuju laga Swedia, Spanyol tentu berharap tidak ada lagi kasus positif di tim tersebut. Maka itu, menurut laporan RTVE, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) dan Kementerian Olahraga dan Kebudayaan mendesak vaksinasi darurat untuk para pemain Spanyol.

Sebab hal itu penting demi keamanan seluruh pemain serta staf pelatih di dalamnya. Desakan ini sejatinya sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu, mengingat kontingen Spanyol untuk Olimpiade 2020 sudah divaksinasi. Akhirnya lampu hijau didapat dari Kementerian Kesehatan, Rabu (9/6/2021).

Meski demikian, belum dipastikan apakah para pemain Spanyol akan menerima vaksinasi satu kali atau dua kali suntikan. Nantinya, vaksinasi dilaksanakan oleh Angkatan Bersenjata Spanyol di markas latihan Tim Matador. Sebab, para pemain masih dikarantina serta menjalani program latihan individu.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(mrp/pur)