Euro 2020 Inggris Vs Kroasia: Laga Balas Dendam Piala Dunia

Afif Farhan - Sepakbola
Sabtu, 12 Jun 2021 15:45 WIB
MOSCOW, RUSSIA - JULY 11:  Harry Kane of England is challenged by Sime Vrsaljko of Croatia and Dejan Lovren of Croatia during the 2018 FIFA World Cup Russia Semi Final match between England and Croatia at Luzhniki Stadium on July 11, 2018 in Moscow, Russia.  (Photo by Matthias Hangst/Getty Images)
Euro 2020 Inggris Vs Kroasia: Laga Balas Dendam Piala Dunia (Getty Images/Matthias Hangst)
London -

Inggris Vs Kroasia jadi bigmatch Euro 2020 di akhir pekan ini. Bisa dibilang, sebagai laga bertajuk balas dendam Three Lions pada ajang Piala Dunia kemarin.

Inggris Vs Kroasia akan saling berhadapan di Wembley stadium, Minggu (13/6/2021) malam WIB dalam Grup D Euro 2020. Kedua tim bakal mati-matian berburu tiga poin pertamanya.

Timnas Inggris sudah pasti bakal mengandalkan tenaga muda. Sebut saja beberapa di antaranya seperti Mason Mount, Jadon Sancho, dan Phil Foden. Jangan lupa, ada Harry Kane yang menjadi juru gedor.

Tentu, Timnas Kroasia tidak boleh dipandang sebelah mata. Ada Luka Modric dan Mateo Kovacic yang tangguh di lini tengah, serta Ivan Perisic dan Ante Rebic di lini serang.

Laga Inggris Vs Kroasia pun sejatinya bisa dibilang sebagai partai ulangan. Di Piala Dunia 2018 lalu, Inggris dan Kroasia bertemu di babak semifinal.

Kala itu, laga berjalan ketat. Inggris unggul lebih dulu berkat gol dari Keiran Trippier lewat tendangan bebas pada menit kelima.

Kroasia baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-68, via tendangan Ivan Perisic. Sampai 90 menit kelar, skor sama kuat 1-1 dan harus berlanjut ke perpanjangan waktu.

Di babak tambahan, Mario Mandzukic memastikan kemenangan Kroasia. Dia membukukan namanya di papan skor pada menit ke-109.

Soccer Football - World Cup - Semi Final - Croatia v England - Luzhniki Stadium, Moscow, Russia - July 11, 2018  Croatia's Mario Mandzukic celebrates scoring their second goal with teammates  REUTERS/Carl RecineKroasia singkirkan Inggris di semifinal Piala Dunia 2018 (Reuters)

Tentu saja, kekalahan pahit itu masih membayangi Inggris. Apalagi skuad kala itu, sebagian besar juga masih bermain di pentas Euro 2020 sekarang.

Di kubu Kroasia, skuadnya juga tidak jauh berbeda saat kemenangan manis menyingkirkan Three Lions di Piala Dunia lalu.

Kedua tim punya kekuatan merata. Bisakah Inggris balas dendam atau kembali Kroasia meraih kemenangan?

Saksikan ulasan seru dan menarik dari Euro 2020 selengkapnya di sini.

(aff/bay)