Euro 2020: Pembuktian Kalvin Phillips di Timnas Inggris

Randy Prasatya - Sepakbola
Senin, 14 Jun 2021 00:01 WIB
LONDON, ENGLAND - JUNE 13: Luka Modric of Croatia is challenged by Kalvin Phillips of England during the UEFA Euro 2020 Championship Group D match between England and Croatia at Wembley Stadium on June 13, 2021 in London, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Kalvin Phillips berhasil membuktikan diri di Timnas Inggris pada laga awalnya di Euro 2020. (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
London -

Sempat ada keraguan besar saat Kalvin Phillips masuk ke Timnas Inggris untuk Euro 2020. Alhasil, dia mampu menjawab keraguan publik.

Inggris memulai perjalanannya di Grup D Euro 2020 dengan menjamu Kroasia di Wembley Stadium, Minggu (13/6/2021) malam WIB. Tim besutan Gareth Southgate turun dengan formasi 4-2-3-1, yang menempatkan Phillips sebagai double pivot bersama Declan Rice.

Perannya Phillips tampil oke dalam menjaga keseimbangan Inggris dari transisi bertahan ke menyerang. Gelandang bertahan milik Leeds United bahkan menyumbang assist untuk gol semata wayang Inggris yang dicetak Raheem Sterling.

"Ada banyak pembicaraan tentang saya dan Declan Rice berjuang untuk satu posisi, tetapi ketika kami bermain bersama, saya pikir kami bermain sangat baik. Merupakan suatu kehormatan untuk bermain dengannya," kata Phillips kepada BBC.

"Ini hasil yang bagus dan saya senang dengan penampilan saya. Ada dua pertandingan grup tersisa dan kami harus tampil seperti ini - atau tidak lebih baik lagi," sambungnya.

Phillips baru tampil sembilan kali untuk Timnas Inggris sejak debut pada Agustus 2020. Ini sekaligus menjadi assist pertamanya bersama The Three Lions.

"Perasaan yang luar biasa untuk mendapatkan assist dan perasaan yang hebat untuk tiga poin. Saya santai - saya adalah tipe orang yang cuek dengan kritikan kepada saya. Saya hanya mencoba dan menerimanya dengan tenang," pria berusia 25 tahun itu mengungkapkan.

"Jika saya tidak memiliki tim di sekitar saya dan staf pelatih di sekitar saya untuk membuat saya kalem, maka saya pikir itu tidak mungkin," tegasnya.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.



Simak Video "11 Stadion Laga Euro 2020, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/nds)