Inggris Kalahkan Kroasia, Tanda-tanda Juara Euro 2020 Nih...

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 14 Jun 2021 01:05 WIB
Englands Raheem Sterling, centre, is congratulated by teammates after scoring his teams first goal during the Euro 2020 soccer championship group D match between England and Croatia at Wembley stadium in London, Sunday, June 13, 2021. (AP Photo/Justin Tallis, Pool)
Timnas Inggris bisa juara Euro 2020 (AP/Justin Tallis)
London -

Timnas Inggris mengalahkan Kroasia di partai pembuka Piala Eropa 2020. Hasil ini bisa jadi pertanda The Three Lions untuk jadi juara di turnamen ini. Masa sih?

Inggris dan Kroasia, ulangan semifinal Piala Dunia 2018 ini tersaji di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB. Saat itu Inggris takluk 1-2 lewat perpanjangan waktu.

Kedua tim relatif tak banyak melakukan perubahan di skuadnya dan pelatihnya pun masih sama. Maka dari itu peluang Inggris dan Kroasia menang sama besarnya.

Pertandingan berjalan alot di babak pertama sebelum kebuntuan pecah pada menit ke-57. Mendapat umpan terobosan dari Kevin Phillips, Raheem Sterling dengan cepat menyontek bola ke gawang Kroasia.

Keunggulan 1-0 itu mampu dipertahankan oleh Inggris dan ini adalah kemenangan perdana Inggris di partai pembuka Euro. Sebelum ini Inggris selalu gagal menang di laga pertama.

Hasil yang tentu menyenangkan Inggris untuk bisa melaju sejauh mungkin di turnamen ini. Nah, ada fakta unik di balik kemenangan Inggris atas Kroasia terkait peluang mereka menjuarai Piala Eropa.

Dikutip Opta, tim-tim yang mengalahkan Kroasia di tiga dari empat turnamen besar terakhir selalu muncul jadi juara. Itu dimulai Spanyol saat mengalahkan 1-0 Kroasia di Piala Eropa 2012 dan berjaya.



Sementara, di Piala Eropa 2016, Portugal mengalahkan Kroasia lewat adu penalti di babak 16 besar dan bertakhta di akhir. Yang terakhir tentu Piala Dunia 2018 saat Prancis menaklukkan Kroasia di final dengan skor 4-2.

Satu-satunya turnamen yang tak melibatkan Kroasia dalam perjalanan ke tangga juara adalah di Piala Dunia 2014. Kroasia saat itu keok di fase grup karena cuma sekali menang.

Apakah Timnas Inggris bisa mengikuti catatan apik itu? Kita tunggu saja. Simak rangkuman keseruan Euro 2020 di sini.

(mrp/nds)