Hasil Belanda Vs Ukraina: Sengit, De Oranje Menang 3-2

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 14 Jun 2021 03:56 WIB
Netherlands players celebrate after Wout Weghorst of the Netherlands scored his sides second goal during the Euro 2020 soccer championship group C match between the Netherlands and Ukraine at the Johan Cruijff Arena in Amsterdam, Netherlands, Sunday, June 13, 2021. (AP Photo/Peter Dejong, Pool)
Sengit, Timnas Belanda kalahkan Timnas Ukraina 3-2 (AP/Peter Dejong)
Amsterdam -

Belanda Vs Ukraina berlangsung karena ada lima gol yang hadir di pertandingan itu. De Oranje akhirnya menang dengan skor 3-2.

Pada pertandingan Grup C Piala Eropa 2020 yang dihelat di Johan Cruyff ArenA, Senin (14/6/2021) dini hari WIB, Belanda dan Ukraina tidak membuat gol sama sekali di paruh pertama.

Gol-gol baru hadir di babak kedua. Belanda unggul dua gol lewat Gini Wijnaldum dan Wout Weghorst, sebelum Ukraina menyamakan skor dalam tempo empat menit berkat gol-gol Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk.

Denzel Dumfries akhirnya bisa mencetak gol kemenangan Belanda di menit ke-85. Belanda sementara ada di posisi kedua klasemen dengan tiga poin, kalah selisih gol dari Austria di puncak klasemen.

Jalannya pertandingan

Belanda dan Ukraina langsung bermain cepat sedari kickoff. Memphis Depay hampir bikin gol di menit kedua saat melakukan solo run dari tengah lapangan menuju kotak penalti.

Dia melewati adangan 3-4 pemain lawan tapi bola sepakannya masih bisa ditepis Ukraina Georgi Bushchan. Setelah itu Belanda bikin peluang lagi pada menit kelima.

Gini Wijnaldum sejatinya mendapat bola di depan gawang tapi memilih mengoper ke Denzel Dumfries yang berdiri bebas di kanannya. Meski begitu, bola sepakannya masih bisa ditepis Buschchan.

Belanda masih menekan pertahanan Ukraina lewat serangan cepat dari sisi sayap kanan yang ditempati Dumfries. Di menit ketujuh dia melepaskan umpan yang disambut kaki kanan Wijnaldum, tapi bola melayang.

Belanda dicatat sudah melepaskan tujuh attempts di 10 menit pertama pertandingan dan Ukraina tidak diberikan kesempatan. Ukraina cuma bisa mengancam lewat serangan balik yang digawangi Andriy Yarmolenko tapi belum ada yang membahayakan gawang Maarten Stekelenburg.

Pada menit ke-27, Bushchan lagi-lagi jadi tembok tebal untuk Belanda. Kali ini Wout Weghorst yang mendapat umpan pendek Memphis dan mampu memasuki kotak penalti. Tapi, Bushchan mampu mengadang bola tendangan Weghorst.

Peluang tepat sasaran Ukraina pertama didapat pada menit ke-30 dari Yarmolenko yang menembak bola namun tepat ke pelukan Stekelenburg.

Di menit ke-39 Wijnaldum mendapat ruang tembak dan langsung melepaskan sepakan voli. Bushchan yang nyaris terkecoh dengan cepat menepis bola.

Semenit setelahnya giliran Denzel Dumfries yang punya peluang. Crossing dari kiri menemuinya di tiang jauh, tapi sundulan Dumfries dalam posisi bebas di depan gawang melebar.

Denzel Dumfries, right, of the Netherlands heads the ball during the Euro 2020 soccer championship group C match between Netherlands and Ukraine at Johan Cruijff Arena in Amsterdam, Netherlands, Sunday, June 13, 2021. (AP Photo/Olaf Kraak, Pool)Denzel Dumfries membuang peluang emas di akhir babak pertama Foto: AP/Olaf Kraak

Hingga turun minum, skor 0-0 bertahan.