Kalvin Phillips, Andrea Pirlo-nya Timnas Inggris

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 14 Jun 2021 19:45 WIB
LONDON, ENGLAND - JUNE 13: Kalvin Phillips of England controls the ball during the UEFA Euro 2020 Championship Group D match between England and Croatia at Wembley Stadium on June 13, 2021 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Kalvin Phillips. (Foto: Catherine Ivill/Getty Images)
London -

Kemenangan Inggris atas Kroasia di laga Grup D Euro 2020 tak lepas dari penampilan apik Kalvin Phillips. Pemain yang disebut-sebut Andrea Pirlo-nya The Three Lions.

Inggris menangkan laga perdananya di Euro 2020 usai menundukkan Kroasia di Stadion Wembley, London, Minggu (13/6). Gol tunggal Raheem Sterling memastikan tiga poin untuk tuan rumah.

Inggris menghadapi Kroasia, yang menyingkirkan mereka di semifinal Piala Dunia 2018, dengan formasi 4-2-3-1. Dua gelandang jangkar dimainkan, yakni Declan Rice dan Kalvin Phillips.

Phillips kemudian menjadi bintang di laga itu. Pemain Leeds United itu sukses menjadi metronom di lini tengah Inggris.

Menurut data Squawka, Phillips punya akurasi umpan panjang akurat 100 persen, umpan terobosan 100 persen, 44 sentuhan bola, satu shot on target, dan satu assist.

Ya, gol Sterling tercipta berkat kejelian Kalvin Phillips melihat rekannya masuk ke kotak penalti. Umpan kaki kirinya mengirim bola menemui Sterling, yang kemudian bisa dikonversi menjadi gol ke gawang Kroasia di laga pembuka negaranya di Euro 2020.

"Ini sangat menyenangkan. Itu sangat sengit dan bisa menentukan tim yang kalah menjelang akhir pertandingan. Ini perasaan yang luar biasa untuk mendapatkan assist dan kemudian tiga poin," ungkapnya di situs resmi UEFA.

Penampilan Phillips itu yang membuatnya mendapat julukan baru. Pemain 25 tahun tersebut kini dijuluki Andrea Pirlo-nya Yorkshire.

Twitter resmi FIFA juga menyebut, bahwa Andrea Pirlo sungguhan harus mengakui kehebatan Phillips di lini tengah.

Pirlo, yang baru saja dipecat Juventus, merupakan salah satu mantan gelandang jangkar terbaik, dengan gaya permainan yang elegan dan kerap memberi umpan-umpan akurat.

Penampilan Phillips pun banyak dipuji. Mesut Oezil dan Michael Ballack mengakui jika gelandang Inggris itu memang tampil bersinar.


Kalvin Phillips sendiri baru menjalani musim perdananya tampil di Liga Inggris, usai Leeds United promosi tahun lalu. Ia membantu Leeds finis di peringkat 9 klasemen Liga Inggris.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini

(yna/cas)