Schick Asyik, Golnya Cantik

ADVERTISEMENT

Schick Asyik, Golnya Cantik

Randy Prasatya - Sepakbola
Selasa, 15 Jun 2021 11:05 WIB
GLASGOW, SCOTLAND - JUNE 14: Patrik Schick of Czech Republic celebrates after scoring their sides second goal during the UEFA Euro 2020 Championship Group D match between Scotland v Czech Republic at Hampden Park on June 14, 2021 in Glasgow, Scotland. (Photo by Petr Josek - Pool/Getty Images)
Patrik Schick cetak gol jarak jauh bukan asal tembak, tapi memang sudah mengincar. (Foto: Getty Images/Petr Josek - Pool)
Glasgow -

Patrik Schick tampil oke saat Republik Ceko menghajar Skotlandia 2-0. Selain mencetak brace, striker milik Bayer Leverkusen itu bikin gol cantik dari tengah lapangan.

Skotlandia vs Ceko berlangsung di Hampden Park pada matchday pertama Grup D Euro 2020, Senin (14/6/2021) malam WIB. Schick membuka keunggulan untuk Ceko di menit ke-42 setelah memenangi duel udara dalam menyambut umpan silang Vladimir Coufal.

Ceko kemudian memperbesar skor di menit ke-52. Berawal dari tembakan Jack Hendry lawan, bola kemudian memantul menuju garis tengah lapangan. Schick kemudian mengejar bola dan langsung melepaskan tembakan dari tengah lapangan karena sudah tahu kiper David Marshall jauh meninggalkan gawang.

Gol kedua Patrik Schick ke gawang David Marshall itu merupakan yang terjauh sejak Euro 1980. Gol ini tercatat dibuat dalam jarak 45,5 meter.

Schick ternyata tidak asal-asal menyepak bola dari jarak jauh. Sejak babak pertama dia sudah memperhatikan bahwa Skotlandia bermain dengan garis pertahanan yang tinggi dan membuat Marshall sering naik hampir ke tengah.

"Saya sudah memantaunya di babak pertama. Saya tahu dia (Marshall) bertahan sangat tinggi sehingga ketika bola datang, saya melihat dia keluar jadi saya mencoba, dan itu adalah gol yang bagus," kata Schick seperti dikutip dari Mirror.

Banyak cuitan di media sosial yang menyalahkan Marshall akibat gol kedua yang diderita Skotlandia. Di sisi lain, Steve Clarke selaku pelatih kepala Skotlandia tidak menyalahkan kipernya itu.

"Yah, jika dia berada di posisinya, dia akan menangkapnya, Tapi ini keadaan normal dia ingin bergerak naik di belakang pertahanan," kata Clarke seperti dikutip dari The Guardian.

Gelandang Norwich City asal Skotlandia, Kenny McLean, juga tidak menyalahkan kiper berusia 36 tahun itu atas gol Patrik Schick. McLean malah menyoroti tembakan Hendry.

"Jack (Hendry) muncul dan dia melepaskan tembakan. Saya yakin dia menyesali itu sekarang. Stephen O'Donnell melebar dan itu penyelesaian kelas dunia," kata McLean saat menjadi komentator pertandingan untuk BBC.

Shelley Kerr, mantan pemain Timnas Skotlandia yang kini menjadi kepala teknikal untuk Asosiasi Sepakbola Inggris di tim nasional wanita, mengatakan hal yang mirip-mirip McLean.

"Saya pikir Jack Hendry perlu melakukan yang lebih baik di sana. Anda mungkin dapat mempertanyakan apakah Marshall terlalu jauh dan perlu mundur lebih cepat, tapi Anda bakal kembali ke Jack Hendry," tegasnya.

Saksikan keseruan Piala Eropa 2020 bersama detikcom di sini.

(ran/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT