'Jerman Kalahkan Prancis? Seri Saja Sudah Bagus'

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 15 Jun 2021 20:50 WIB
Frances forward Kylian Mbappe (R) vies with Germanys defender Niklas Sule during the UEFA Nations League football match between France and Germany at the Stade de France in Saint-Denis, near Paris on October 16, 2018. (Photo by FRANCK FIFE / AFP)
Jerman gagal menang di lima laga terakhir melawan Prancis. Foto: AFP/FRANCK FIFE
Jakarta -

Jerman akan menghadapi Prancis di laga pertama penyisihan Grup F Piala Eropa 2020. Die Mannschaft diyakini sulit menang atas Les Bleus.

Berbeda dengan Prancis yang stabil, perjalanan Jerman selama tiga tahun terakhir terbilang naik turun setelah tersingkir memalukan di Piala Dunia 2018. Pelatih Joachim Loew sedang memulai regenerasi pemain.

Sempat tampil buruk seperti di UEFA Nations League 2019, lalu menjadi juara grup di Kualifikasi Euro 2020, kemudian melempem lagi di UEFA Nations League 2021, termasuk saat kalah 0-6 dari Spanyol pada November lalu.

Jelang turnamen dimulai, Jerman sempat menjalani uji coba dan menang telak 7-1 atas Latvia, namun seri 1-1 saat melawan Denmark yang jelas lebih kuat. Ini yang membuat publik bertanya-tanya, apa Jerman yang sekarang bisa bersaing.

Pemain veteran seperti Thomas Mueller dan Mats Hummels dipanggil lagi untuk menambah kekuatan tim, namun mereka sempat absen 2 tahun lamanya dari timnas.

Masih perlu dinanti apakah keduanya mampu membawa Jerman bersaing di Grup F, yang selain Prancis juga diisi Portugal dan Hongaria.

Eks gelandang Timnas Jerman Dietmar Hamann melihat Der Panzer saat ini bukan lagi unggulan. Terlebih di 5 pertemuan terakhir dengan Prancis, mereka tak pernah menang. Menurut eks Liverpool dan Bayern Munich itu, seri saja sudah bagus.

"Saya pikir akan sangat sulit melawan Prancis. Saya sudah senang kalau kami berhasil meraih satu poin," kata Hamann kepada Antenne Bayern, seperti dikutip Sport Bild.

"Jika para pemain berjuang bersama seperti yang mereka bilang selama beberapa pekan terakhir, saya yakin kami setidaknya meraih satu poin," jelasnya.

Prancis vs Jerman akan digelar pada Rabu (16/6/2021) di Fussball Arena Munich pukul 02.00 WIB. Laga itu bisa disaksikan di sini.

(adp/krs)