Euro 2020: Hungaria Vs Portugal Dipadati Penonton, Kok Bisa?

Bayu Baskoro - Sepakbola
Rabu, 16 Jun 2021 04:00 WIB
BUDAPEST, HUNGARY - JUNE 15: A general view inside the stadium as large replica shirts of both Hungary and Portugal are displayed on the pitch prior to the UEFA Euro 2020 Championship Group F match between Hungary and Portugal at Puskas Arena on June 15, 2021 in Budapest, Hungary. (Photo by Laszlo Balogh - Pool/Getty Images)
Penonton padati laga Hungaria vs Portugal di Budapest. (Foto: Getty Images/Laszlo Balogh - Pool)
Budapest -

Ada pemandangan menarik pada laga Hungaria vs Portugal di Grup F Euro 2020. Pertandingan tersebut disaksikan langsung penonton yang memenuhi stadion. Kok bisa?

Matchday pertama Grup F Piala Eropa 2020 mempertemukan Hungaria dengan Portugal. Pertandingan digelar di Stadion Puskas Arena, Budapest, Selasa (16/6/2021) malam WIB.

Atmosfer berbeda dirasakan kedua tim dalam laga kali ini. Untuk pertama kalinya, mereka bertanding di hadapan penonton yang memenuhi stadion sejak pandemi global COVID-19.

Ya, Puskas Arena yang berkapasitas 67 ribu penonton terisi penuh penggemar yang memadati tribun. Pemandangan tersebut jelas terasa spesial, mengingat stadion-stadion di Euro 2020 sebelumya tak bisa diisi full guna mencegah virus Corona.

Hungaria sendiri sampai saat ini sudah melaporkan lebih dari 800 ribu kasus virus Corona, dengan kematian mencapai hampir 30 ribu orang. Jumlah tersebut merupakan salah satu yang tertinggi di Eropa.

Kendati demikian, Hungaria juga terus berupaya mencegah penyebaran COVID-19. Negara berpenduduk 9,8 juta jiwa itu menjalankan program vaksinasi secara masif.

Melansir laporan Daily Star, Hungaria sudah memberi vaksinasi sebanyak 5,3 juta penduduknya menjelang Euro 2020. Pemerintah Hungaria menggunakan vaksin dari Rusia dan China.

Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban, mempercepat aturan lockdown bagi negaranya, sehingga para penggemar dapat menikmati gelaran Piala Eropa di Budapest. Meski begitu, seluruh fans harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Hanya orang-orang yang telah divaksin saja yang diperbolehkan datang ke stadion. Para fans Hungaria diberi gelang khusus yang dapat diambil dengan menunjukkan kartu vaksinasi nasional.

Sementara itu, bagi penggemar tim tamu yang hadir ke Budapest harus dinyatakan negatif virus Corona dalam tes PCR menjelang kick-off. Mereka juga diwajibkan membawa bukti sudah divaksin secara menyeluruh.

Protokol kesehatan yang sangat ketat, plus bukti sudah vaksinasi kepada seluruh penonton, membuat Hungaria tercatat sebagai satu-satunya tuan rumah yang bisa menggelar Piala Eropa 2020 dengan kehadiran fans 100 persen.

Kehadiran 67 ribu penggemar di Puskas Arena rupanya belum mampu mengantarkan Hungaria meraih kemenangan. The Magyars tumbang 0-3 di tangan Portugal.

Simak keseruan Piala Eropa 2020 lainnya di sini.



Simak Video "11 Stadion Laga Euro 2020, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/raw)