Jerman Dikalahkan Prancis, Loew: Bukan Kiamat

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 16 Jun 2021 11:10 WIB
Munich -

Joachim Loew menolak panik usai Jerman dikalahkan Prancis di Euro 2020. Loew menilai Jerman hanya kurang beruntung setelah berusaha tampil habis-habisan.

Duel Prancis vs Jerman di Grup F Piala Eropa 2020 digelar di Allianz Arena, Rabu (16/6/2021) dini hari WIB. Jerman harus mengakui keunggulan Prancis dengan skor 0-1.

Menilik catatan statistik, Jerman unggul dalam penguasaan bola sebesar 59% dan lebih banyak melepaskan tembakan (10) daripada Prancis (4). Namun, dari 10 percobaan yang dilakukan Jerman, hanya satu yang mengarah ke gawang.

Gol bunuh diri Mats Hummels kemudian jadi penentu pertandingan yang berjalan alot itu. Upaya Hummels untuk menghalau bola yang akan disodorkan ke Kylian Mbappe justru mengarah ke gawang sendiri.

"Itu pertandingan yang sangat intens. Para pemain mengerahkan segalanya dan berjuang sampai peluit akhir. Saya tidak bisa menyalahkan usaha mereka hari ini," ujar Loew di situs resmi DFB.

"Kami sudah bersemangat, tapi kami kurang penetrasi di sepertiga akhir lapangan. Gol bunuh dirinya kurang beruntung, sulit buat Mats untuk menghalau bola."

"Kami mencoba untuk memanfaatkan sisi sayap dan melepaskan umpan silang karena kami tahu Prancis akan padat di tengah. Kami harus menganalisisnya besok dan mengalihkan fokus ke laga berikutnya."

Meski Jerman kalah, Joachim Loew tetap kalem. Dia yakin Die Mannschaft masih punya peluang untuk bangkit di dua pertandingan berikutnya.

"Sekarang kami semua kecewa, tapi ini bukan akhir dunia. Masih ada dua pertandingan lagi yang bisa mengembalikan kami ke trek," kata Loew.

Kekalahan dari Prancis menempatkan Jerman di peringkat ketiga Grup F. Toni Kroos dkk selanjutnya akan menghadapi Portugal pada Sabtu (19/6/2021) malam WIB.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(nds/nds)