Denmark Vs Belgia: Comeback, De Rode Duivels Menang 2-1

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 18 Jun 2021 01:01 WIB
COPENHAGEN, DENMARK - JUNE 17: Thorgan Hazard of Belgium celebrates after scoring their sides first goal during the UEFA Euro 2020 Championship Group B match between Denmark and Belgium at Parken Stadium on June 17, 2021 in Copenhagen, Denmark. (Photo by Hanna McKay - Pool/Getty Images)
Belgia berhasil mengalahkan Denmark 2-1 di matchday kedua Grup B Euro 2020. (Foto: Getty Images/Hanna McKay - Pool)
Kopenhagen -

Belgia berhasil comeback saat melawan Denmark di matchday kedua Grup B Euro 2020. De Rode Duivels menang 2-1 dan besar kemungkinan ke babak 16 besar.

Bertanding di Stadion Parken, Kamis (17/6/2021) malam WIB, Denmark sudah unggul 1-0 di menit kedua lewat gol Yussuf Poulsen. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Belgia, yang cuma punya satu peluang di babak pertama bikin perubahan. Kevin De Bruyne masuk di awal babak kedua untuk menggantikan Dries Mertens.

De Bruyne kemudian mampu menciptakan assist untuk gol Thorgan Hazard di menit ke-55. Gelandang Manchester City tersebut kemudian membawa Belgia menang 2-1 setelah mencetak gol lewat assist Eden Hazard.

Belgia kini duduk di puncak klasemen Grup B dengan 6 poin. Romelu Lukaku dkk. mengungguli Rusia dan Finlandia yang mengoleksi tiga poin. Denmark di dasar klasemen dengan nol poin.

Pada posisi ini Belgia setidaknya mengunci posisi ketiga. Jika hal buruk terjadi, di matchday ketiga, besar kemungkinan Belgia bisa ke 16 besar lewat jalur posisi tiga terbaik.

Jalannya pertandingan

Denmark langsung tampil ngegas di awal. Alhasil, gawang Belgia mampu dibobol pada menit kedua.

Berawal dari kesalahan umpan Jason Denayer, bola dipotong oleh Pierre-Emile Hojbjerg dan langsung disodorkan kepada Yussuf Poulsen. Tanpa basa-basi, Poulsen langsung menembak bola ke sisi pojok bawah gawang Thibaut Courtois.

Belgia langsung coba merespons cepat gol tersebut. Dries Mertens punya peluang di menit ketiga, tapi bola sundulannya dari jarak dekat masih bisa diamankan Kasper Schmeichel.

Denmark tak praktis main bertahan meski sudah unggul 1-0. Beberapa peluang sempat hadir, yang malah nyaris bikin Belgia kebobolan lagi. Ada tembakan Joakim Maehle dan sundulan Daniel Wass.

Kedua sisi Belgia benar-benar sangat kopong sampai laga berjalan 15 menit. Denmark dengan mudah masuk ke kotak penalti Belgia dari kedua sisi.

Sampai laga berjalan setengah jam, Belgia masih hilang akal untuk menggedor pertahanan Denmark. Tim besutan Roberto Martinez tampak tampil kalah gereget daripada Denmark selaku tuan rumah dan punya motivasi lebih mendedikasikan laga ini untuk Christian Eriksen.

Sampai laga memasuki menit ke-40, Belgia masih kesulitan membuat ancaman ke gawang Denmark. Pertempuran dari kedua tim bahkan lebih banyak di area tengah lapangan.

Belgia membuat perubahan di awal babak kedua dengan menarik Mertens untuk memainkan Kevin De Bruyne. Di sisi lain, Denmark sukses mengancam duluan pada menit ke-47 lewat tembakan Thomas Delaney.

Thomas Meunier dari Belgia membuang kesempatan di menit ke-48. Bola sundulannya dari umpan silang mengarah jauh dari gawang.

Belgia akhirnya sukses meruntuhkan pertahanan Denmark. Romelu Lukaku melakukan penetrasi ke kotak penalti Denmark, yang kemudian memberi umpan ke De Bruyne untuk melanjutkannya ke Thorgan Hazard. Tanpa kesulitan, adik dari Eden Hazard melesakkan gol di menit ke-55. Skor kini sama kuat 1-1.

Martinez kembali membuat pergantian pemain. Eden Hazard dan Axel Witsel dimainkan pada menit ke-59. Yannrick Carrasco dan Leander Dendoncker ditarik keluar.

Denmark berusaha menekan di saat kekuatan Belgia mulai bertambah. Maehle melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti di menit ke-68, tapi bola masih tepat mengarah ke Courtois.

Belgia akhirnya mampu berbalik unggul 2-1 di menit ke-70. Lukaku kembali melakukan penetrasi, kemudian memberikan bola ke Eden Hazard dan meneruskan ke De Bruyne. Gelandang Manchester City itu kemudian menuntaskannya dengan gol.

Denmark tak tinggal diam. Tekanan kembali dilancarkan ke pertahanan Belgia. Bola tembakan Martin Braithwaite di menit ke-74 berhasil diamankan Courtois dan kembali melepaskan tembakan dua menit berselang, tapi bola diblok lawan.

Braithwaite nyaris membuat gol kedua untuk Denmark pada menit ke-87. Bola sundulan striker Barcelona itu masih membentur mistar gawang.

Denmark gagal menciptakan gol balasan di sisa waktu babak kedua. Alhasil, Belgia mampu menang dengan skor 2-1.

Susunan Pemain:

Denmark: Schmeichel; Maehle, Kjaer, Vestergaard (Skov Olsen 85'), Christensen; Wass (Larsen 62'), Hojbjerg, Delaney (Jensen 73'); Poulsen (Noergaard 62'), Braithwaite, Damsgaard (Cornelius 72').

Belgia: Courtois; Alderweireld, Denayer, Vertonghen; Meunier, Tielemans, Dendoncker (Witsel 60'), T.Hazard; Mertens (Kevin De Bruyne 46'), Lukaku, Carrasco (E. Hazard 60').



Simak Video "Jagokan Belgia di Euro 2020, Vicky Prasetyo: Deretan Pemainnya Oke!"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/bay)